sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Mata Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini

Jovita | Senin, 29 Jun 2020 08:30 WIB
Ingin Mata Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini
Mata Sehat/ Foto: Pixabay.com

Kamu mungkin terbiasa bekerja dalam durasi lama di depan layar komputer tanpa mengenal waktu. Terlalu lama menatap layar komputer tentu tidak baik untuk kesehatan matamu.

Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan adalah mata merah, kering, lelah, serta beberapa gangguan mata lainnya. Untuk mengurangi dampak tersebut, konsumsilah beberapa makanan untuk menyehatkan mata berikut ya, Beautynesian!

1. Wortel

Jus Wortel/ Foto: pixabay.com
Jus Wortel/ Foto: pixabay.com

Makanan untuk menyehatkan mata yang pertama adalah wortel. Sejak lama, wortel memang sudah dikenal sebagai sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh kandungan beta-karoten yang sangat tinggi dalam wortel. Kandungan beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk kesehatan mata.

Tidak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin yang dapat membantu retina dalam menyerap cahaya. Dengan mengonsumsi satu wortel berukuran sedang, kamu sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A yang baik untuk kesehatan.


2. Ikan

Salmon Teriyaki/ Foto: pixabay.com
Salmon Teriyaki/ Foto: pixabay.com

Makanan untuk menyehatkan mata selanjutnya adalah ikan. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang terbaik. Bagian terpenting dari ikan yang sering digunakan untuk menyehatkan mata adalah minyak ikan seperti tuna, salmon, sarden, bilis, herring, dan ikan trout.

Beberapa penelitian juga membenarkan fakta bahwa mengonsumsi minyak ikan secukupnya dapat mengurangi risiko mata kering, terutama bagi orang yang sering menatap layar komputer selama berjam-jam. Cocok nih, dikonsumsi bagi kamu yang sedang work from home.

3. Sayuran hijau

Aneka Sayuran Hijau/ Foto: pixabay.com
Aneka Sayuran Hijau/ Foto: pixabay.com

Tidak hanya wortel dan ikan yang baik untuk penglihatan, sayuran hijau juga bisa diandalkan sebagai makanan untuk menyehatkan mata lho, Beautynesian. Sayuran hijau, seperti bayam, kale, pok coy mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C  yang sangat berkhasiat untuk kesehatan mata. Pengolahan sayuran hijau sebaiknya tidak perlu berlebihan agar kandungan nutrisinya masih terjaga.

Menurut penelitian yang dilakukan American Academy of Ophthalmology menyatakan bahwa mengonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi risiko glaukoma, salah satu penyebab kebutaan dan mata katarak. Pada 1.483 peserta berusia 25 hingga 40 tahun yang diteliti, ditemukan bahwa mereka yang lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau memiliki risiko glaukoma lebih rendah 20 hingga 30 persen. Sementara yang tidak suka sayuran hijau, memiliki risiko glaukoma lebih tinggi 20 hingga 30 persen. 

4. Kacang-kacangan

Aneka Kacang-Kacangan/ Foto: pixabay.com
Aneka Kacang-Kacangan/ Foto: pixabay.com

Kacang-kacangan juga menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan, jika Beautynesian ingin menjaga kesehatan mata. Sama seperti ikan, kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga mata dari risiko kerusakan akibat penuaan.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata yaitu kacang merah, kacang mete, walnut, dan kacang Brazil. Jadi, supaya matamu tidak rusak karena terlalu lama menatap layar saat work from home, yuk mulai konsumsi kacang-kacangan.

5. Daging sapi

Beef Steak/ Foto: pixabay.com
Beef Steak/ Foto: pixabay.com

Makanan untuk menyehatkan mata yang terakhir berasal dari sapi. Setelah puas mengonsumsi sayuran, cukupi asupan daging juga ya, Beautynesian. Dari daging kamu bisa mendapatkan protein hewani yang kaya akan zinc.

Menurut berbagai penelitian, kandungan zinc dapat menunda masalah penglihatan akibat penuaan, seperti mata rabun hingga degenerasi makula, suatu penyakit mata yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Perlu kamu ketahui, di dalam retina mata manusia jugq terkandung banyak zinc. Hal inilah yang membuat daging direkomendasikan untuk kesehatan mata, asalkan konsumsinya dalam batas yang wajar.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id