sign up SIGN UP

LIFE

Penyebab Timbulnya Kedutan pada Mata

Penny Fatikasari | Senin, 22 Jun 2020 13:00 WIB
Penyebab Timbulnya Kedutan pada Mata
caption

Myokymia atau mata berkedut adalah sebuah gejala yang muncul akibat kontraksi otot pada mata. Hal ini umumnya pernah dialami semua orang beberapa saat atau bisa saja dalam intensitas waktu yang sering. Dilihat dari ranah kesehatan, mata berkedut bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut!

Banyak Pikiran dan Stres

Akibat banyak pikiran dan stres
Banyak Pikiran dan Stres/Freepik.com

Banyak pikiran dan stres dapat berpengaruh pada munculnya kondisi mata berkedut. Sebaiknya kamu menenangkan diri sejenak dan beristirahat cukup untuk mengurangi stres. Cobalah luangkan sedikit waktu untuk menyegarkan diri agar suasana hati kembali membaik.

Mengonsumsi Lebih Banyak Kafein

Mengkonsumsi lebih banyak kafein
Mengkonsumsi Kafein/Freepik.com

Bagi kamu penggemar minuman berkafein, baik kopi maupun teh, perlu berhati-hati karena kebiasaan ini dapat menimbulkan gejala mata berkedut. Hal ini bisa jadi tidak dialami oleh semua orang yang mengonsumsi kafein, namun alangkah baiknya jika kamu mengurangi konsumsi kafein untuk menjaga kesehatan. Jika memungkinkan, cobalah beralih ke minuman yang lebih sehat.


Kurang Istirahat

Kurang waktu beristirahat
Kurang Istirahat/Freepik.com

Sibuk bekerja dan beraktivitas seharian juga dapat menyebabkan munculnya kondisi mata berkedut. Memiliki waktu istirahat yang minim dan tubuh yang lelah bisa jadi menyebabkan kondisi ini.

Sebaiknya perhatikan waktu istirahat agar tidak terlalu lelah dan dapat mengembalikan kebugaran fisik untuk lanjut beraktivitas. Optimalkan waktu istirahat minimal selama tujuh hingga delapan jam sehari dan kurangi bermain gadget sebelum beristirahat.

Terlalu Sering Bermain Gadget

Terlalu sering bermain gadget
Sering Bermain Gadget/Freepik.com

Penyebab timbulnya kedutan pada mata selanjutnya adalah terlalu lama menatap dan bermain gadget. Terlalu lama menatap layar gadget atau komputer dapat membuat mata lelah dan kering.

Sebaiknya kamu mengurangi bermain gadget untuk mengistirahatkan sejenak matamu. Terlalu lama menatap dan bermain gadget dapat menimbulkan sakit mata dan pusing karena pengaruh sinar radiasi layar gadget

Alergi pada Mata

Alergi mata
Alergi Pada Mata/Freepik.com

Alergi pada mata bisa diakibatkan oleh adanya kotoran dan debu. Akibatnya matamu menjadi iritasi, gatal-gatal, dan kemerahan.

Tak hanya itu, matamu pun bisa berkedut dengan intensitas yang sering jika mengalami alergi. Untuk mengatasinya, kamu dapat menepuk-nepuk matamu secara perlahan menggunakan handuk bersih dan air hangat beberapa menit.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id