sign up SIGN UP

Ini Pentingnya Memakai Masker Double Agar Terhindar dari Virus Covid-19

Dians Marfuah | Senin, 05 Jul 2021 09:00 WIB
Ini Pentingnya Memakai Masker Double Agar Terhindar dari Virus Covid-19
caption
Jakarta -

Sejumlah negara telah menganjurkan warga negaranya untuk mengenakan dua masker agar terhindar dari Covid-19, termasuk di Indonesia. Tak lagi menggunakan satu masker saja, penggunaan masker dua lapis saat ini sangat dianjurkan. Selain penggunaan masker dua lapis, penggantian masker juga dianjurkan agar dilakukan setelah penggunaan lebih dari 4 jam. Kira-kira apa alasan mengapa kita harus menggunakan dua masker? Berikut ulasannya!

Alasan Pemakaian Dua Masker

Penggunaan dua masker dianjurkan demi mencegah penyebaran varian virus corona yang sangat cepat. Seperti yang diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  varian delta  merupakan varian virus corona yang dapat menular dengan sangat cepat. Varian baru virus corona ini telah mewabah di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan varian ini disebut dapat menyebar ke orang satu ke orang lainnya dengan cara berpapasan saja.

Penggunaan dua masker lebih efektif/Instagram.com/sms_serpong
Penggunaan dua masker lebih efektif/Instagram.com/sms_serpong

Lebih Efektif

Penggunaan dua masker disebutkan lebih efektif untuk melindungi dari virus Covid-19. Seperti yang disebutkan dalam penelitian bahwa, masker bedah mampu menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan Covid-19 sebanyak 84,3 persen. Sedangkan jika kita mengenakan masker dua lapis yaitu masker bedah dan masker kain maka perlindungannya akan meningkat sampai 96,4 persen.

Selain itu tanpa disadari penggunaan masker bedah satu lapis biasanya longgar sehingga ada celah di bagian pipi dan hidung.  Partikel udara maupun droplet masih berpotensi untuk masuk melalui celah kecil tersebut. Oleh karenanya, penggunaan dua lapis masker dianjurkan untuk menghindari hal tersebut.

Cara Pakai Dua Masker

cara pakai dua lapis masker yang dianjurkan/Instagram.com/cvindopromosi
cara pakai dua lapis masker yang dianjurkan/Instagram.com/cvindopromosi

Pencegahan penularan varian virus corona yang begitu cepat menyebar adalah dengan menggunakan dua masker. Cara penggunaan dua masker yang direkomendasikan adalah menggunakan masker bedah dan masker kain. Masker bedah pada lapisan pertama, lalu masker kain pada lapisan kedua. Namun perlu diingat masker kain yang dipakai tidak boleh masker sembarangan, melainkan masker kain  dengan 2-3 layer.

So, udah jelas, kan, mengapa kita dianjurkan menggunakan dua lapis masker? Semoga kita semua selalu sehat ya, Beauties!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id