sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Coba-coba, Ini 5 Efek Buruk Saat Kamu Malas Minum Air Putih

Dian Aprilia | Selasa, 12 Jan 2021 18:00 WIB
Jangan Coba-coba, Ini 5 Efek Buruk Saat Kamu Malas Minum Air Putih
caption
Jakarta -

Sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jadi pemenuhan kebutuhan cairan sangat penting untuk menjadi perhatian setiap orang. Air tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa haus, tapi juga berfungsi untuk bahan bakar sel, membantu kinerja otak dan juga menunjang kinerja berbagai organ tubuh.

Kebutuhan air minum untuk setiap orang berbeda, bergantung pada usia, berat badan, aktivitas fisik hingga cuaca yang sedang berlangsung. Jika kebutuhan minum tidak terpenuhi maka akan menyebabkan dehidrasi dan bisa berdampak fatal pada kesehatan tubuh.  

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 dampak yang dialami saat kurang minum air putih:

Sakit kepala

Sakit kepala
Sakit kepala/pexels.com

Tahukah kamu bahwa 80 persen otak manusia terdiri atas air? Jadi tak heran saat kamu kurang minum, tubuh akan memberi tanda dengan gejala sering pusing atau sakit kepala. Sakit tersebut disebabkan karena otak mengalami penyusutan sementara akibat kekurangan cairan. Saat cairan sudah terpenuhi, maka otak akan kembali ke bentuk semula dan kepala tidak sakit lagi.

Selain itu, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan otak jadi sulit fokus, susah konsentrasi bahkan pada tugas sederhana, mengantuk, dan menurunnya daya ingat. Dehidrasi ringan bisa menyebabkan seseorang mengalami mual, sakit kepala, tetapi dehidrasi kronis jangka panjang bisa sebabkan penurunan fungsi ginjal, hipertensi, infeksi saluran kemih, hingga demensia.

Selalu merasa lapar

Selalu lapar
Selalu lapar/pexels.com

Kurang minum air putih bisa menyebabkan seseorang makan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan, gejala rasa haus seringkali muncul seperti halnya rasa lapar. Oleh sebab itu, saat kamu merasa lapar meski baru makan, coba minum segelas air putih, biasanya itu jadi tanda tubuh kekurangan cairan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan, bisa menekan rasa lapar yang muncul dan efektif untuk mengendalikan nafsu makan. Selain bikin lapar, kurang minum air putih juga bisa menghambat metabolisme tubuh dan bisa berdampak pada kenaikan berat badan.

Lemas dan energi menurun

Tired
Tired/pexels.com

Air putih berperan besar dalam memasok energi pada tubuh. Sehingga saat kamu kekurangan cairan maka membuat tubuh kekurangan tenaga dan bikin lemas seharian. Kondisi ini diakibatkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh.

Oleh sebab itu, saat kamu merasa lemas dan tidak berenergi, coba perbanyak minum air putih. Bisa jadi itu menjadi tanda bahwa kamu sedang kekurangan cairan.

Penyakit ginjal dan infeksi saluran kencing

Sakit perut
Sakit perut/pexels.com

Jarang diketahui, saat kekurangan cairan tubuh kesulitan menghilangkan bakteri pada saluran kencing yang bisa menyebabkan pada infeksi. Tak hanya itu, saat kamu kurang minum, mineral pembentuk batu biasanya akan bertahan dan mengendap di ginjal yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Saat mengalami gejala infeksi saluran kencing dan juga penyakit ginjal dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab jika telat ditangani, penyakit tersebut bisa semakin parah dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Itulah 4 dampak negatif dari kurang minum air putih. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah kekurangan cairan atau tidak adalah dengan melihat warna urin.

Jika warnanya kuning gelap maka hal itu menandakan bahwa kamu mengalami dehidrasi. Sebaliknya saat air kencing berwarna kuning terang atau bahkan bening menandakan bahwa kamu terhidrasi dengan baik. Yuk, lebih care dengan kesehatan diri sendiri dengan memenuhi kebutuhan cairan dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id