sign up SIGN UP

LIFE

Jarang Olahraga? Inilah 5 Tanda yang Akan Muncul pada Tubuhmu

Ade Irma Suryani | Senin, 22 Feb 2021 12:00 WIB
Jarang Olahraga? Inilah 5 Tanda yang Akan Muncul pada Tubuhmu
Tanda Tubuh Kurang Olahraga/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Sebagaimana yang telah diketahui pada umumnya, olahraga memang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan rajin berolahraga secara teratur, tentu hal ini juga dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit yang serius.

Namun, sering kali sebagian orang enggan atau jarang melakukan olahraga karena alasan malas dan lain sebagainya. Nah, jika kamu sendiri jarang berolahraga, maka beberapa tanda berikut ini akan muncul pada tubuhmu. 

 

1. Sembelit

Sembelit juga bisa menjadi tanda kurang olahraga.
Sembelit/freepik.com 

Selain karena kurang serat, kurang olahraga juga bisa menyebabkan sembelit. Karena di saat kamu kurang berolahraga, maka proses pencernaan tubuh juga akan ikut melambat. Oleh sebab itu, tetaplah rajin berolahraga, agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Tidak harus dengan olahraga yang berat, kamu dapat melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, jogging, berenang, dan lain sebagainya. 

 

2. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Merasa terus lelah sepanjang waktu bisa jadi karena kurang olahraga.
Merasa Lelah/freepik.com

Tubuh yang merasa lelah sepanjang waktu meski tanpa ada aktivitas yang padat, juga bisa menjadi pertanda jika kamu kurang berolahraga. Sementara itu, olahraga yang teratur sangat disarankan karena dapat membantu mengatasi kelelahan. Karena itu, biarkan tubuhmu untuk lebih aktif bergerak. Lakukan olahraga secara teratur meskipun termasuk ringan, seperti berjalan kaki ataupun jogging. 

 

3. Badan Pegal-pegal

Badan pegal-pegal juga bisa disebabkan karena kurang olahraga.
Pegal-pegal/freepik.com 

Tubuh yang kurang bergerak atau jarang berolahraga juga bisa menyebabkan badan menjadi pegal-pegal. Maka karena itu, jangan pernah menyepelekan diri untuk berolahraga. Berusahalah untuk melakukan olahraga secara teratur. Dengan membiasakan berolahraga, tentu persendian akan lebih rileks dan peredaran darah juga mengalir lebih lancar. 

 

4.  Sulit Tidur 

Kurang olahraga bisa membuat sulit tidur.
Sulit Tidur/freepik.com

Apa kamu sering merasa sulit tidur di malam hari? Jika iya, bisa jadi tubuhmu kurang bergerak dan perlu melakukan olahraga untuk mengatasi masalah tersebut. Karena sebagaimana yang telah diketahui, bahwa olahraga sangat membantu dalam meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, sehingga hal ini juga ikut berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur. 

 

5. Daya Tahan Tubuh Menurun

Jarang olahraga membuat daya tahan tubuh menurun.
Sakit/freepik.com  

Jarang melakukan olahraga juga berpengaruh pada daya tahan tubuh yang menjadi menurun. Tentunya hal ini bisa mengakibatkan seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Seperti halnya flu, batuk, hingga penyakit yang lebih berat. Karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat, selain menjaga pola makan secara sehat dan istirahat yang cukup, kamu pun perlu melakukan olahraga secara teratur. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id