sign up SIGN UP

Kabar Gembira! Tanpa Dicolok, Tes PCR Covid-19 Kini Bisa Dilakukan dengan Metode Kumur

Raudiya Nurfadilah H | Rabu, 15 Sep 2021 15:00 WIB
Kabar Gembira! Tanpa Dicolok, Tes PCR Covid-19 Kini Bisa Dilakukan dengan Metode Kumur
Tanpa perlu dicolok lagi, kini ada tes pcr dengan metode kumur/ Foto: Freepik/ Freepik

Di Indonesia ada tiga cara untuk mendeteksi virus covid-19 yakni swab antigen, rapid tes, dan PCR (Polymerase Chain Reaction).

Saat ini PT Bio Farma tengah memproduksi alat pendeteksi covid-19 yang lebih nyaman untuk digunakan yaitu dengan metode kumur. Jadi Beauties nggak perlu khawatir atau merasa sakit lagi karena sudah dibuat alat yang diberi nama BioSaliva.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, alat tes PCR tersebut diklaim memiliki sensitivitas hingga 95 persen, sehingga bisa digunakan sebagai alternatif selain menggunakan PCR kit. Selain itu, kamu juga nggak perlu ragu karena alat tersebut sudah aman untuk digunakan dan BioSaliva telah mendapatkan izin edar dari kementerian Kesehatan pada 1 April 2021 dengan Nomor Kemenkes RI AKD 10302120673.

BioSaliva menggunakan metode kumur
BioSaliva menggunakan metode kumur/ Foto: Freepik/ Freepik

Bio Farma pun sedang melakukan uji post market di Kementerian Kesehatan dan di tiga laboratorium yakni Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran-Universitas Indonesia, Laboratorium Biomedik Lanjut, Fakultas Kedokteran-Universitas Padjadjaran, dan Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran-Universitas Arlangga.

Beauties, virus covid-19 varian baru telah menyebar ke berbagai wilayah, penggunaan alat BioSaliva bersama dengan m-BioCoV-19 diklaim bisa mendeteksi aneka mutasi yakni Alpha, Beta, Gamma, Delta, Kappa, Eta, Iota, varian Indonesia, Epsilon, dan Lambda.

Untuk saat ini, di Indonesia memang diketahui belum ada alat uji yang bisa mendeteksi sampai 10 varian mutasi covid-19.

Syarat dan Cara untuk Bisa Tes PCR Kumur

BioSaliva bisa mendeteksi hingga 10 varian covid-19
BioSaliva bisa mendeteksi hingga 10 varian covid-19/ Foto: Freepik/ Freepik

“Kemampuan mBioCoV19 dapat mendeteksi semua varian yang beredar dikarenakan pertimbangan atas target genes yang dipakai dalam desain PCR kit sejak tahun lalu,” ujar Renata Utama, CTO Nusanties yang dikutip dari laman Bio Farma.

Media pembawa virus ini berfungsi untuk deteksi RNA Sars-CoV2 penyebab covid-19 dengan menggunakan alat RT PCR menggunakan sampel gargled saliva. BioSaliva juga bisa disimpan hingga 2 tahun dan sampel saliva bisa stabil di suhu ruang hingga 30 hari dan suhu -20ºC dan -80ºC.

Jika kamu berniat mencoba tes PCR dengan metode kumur, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun, tidak merokok dan tidak berkumur dengan mouthwash selama satu jam sebelum tes dimulai.

Dalam satu kemasan BioSaliva, tersedia kertas petunjuk penggunaan, satu wadah cairan kumur, larutan pencampur dan sebuah corong. Cara penggunaannya cukup mudah, sebelum berkumur kamu harus menarik napas secara kuat dan sedikit batuk untuk mengeluarkan dahak namun jangan dibuang. Selanjutnya berkumur di bagian dalam tenggorokan selama 45 detik dengan menggunakan cairan berupa garam (saline) yang telah tersedia di dalam kemasan BioSaliva.

Lalu keluarkan cairan kumur dari dalam mulut ke dalam wadah dan campurkan dengan larutan pencampur dan dikocok secara merata. Setelah itu, sampel hasil kumur bisa langsung dites di laboratorium.

Bisa Didapat di Mana?

PCR metode kumur bisa membuat pengguna lebih nyaman
PCR metode kumur bisa membuat pengguna lebih nyaman/ Foto: Freepik/ DCStudio

Penggunaan tes PCR metode kumur ini sudah di mulai sejak 3 Juli 2021, namun hanya tersedia di beberapa tempat seperti di Laboratorium GSI Kuningan dan Cilandak (limited release). Ke depannya, metode ini akan diperluas ke lebih banyak laboratorium klinik di Indonesia yang merupakan mitra Bio Farma.

Menurut informasi yang dibagikan melalui media sosial Instagram GSI Lab @gsilab.id, biaya yang dikeluarkan untuk PCR metode kumur mulai dari Rp799 ribu/orang dan hasil tes akan langsung keluar di hari yang sama jika dilakukan sebelum pukul 12.30 WIB.

Nah, Beauties, penggunaan tes PCR ini juga bisa dilakukan untuk anak-anak dan orang dewasa yang kurang nyaman jika harus dicolok. Kamu tertarik mencobanya juga?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id