sign up SIGN UP

LIFE

Terlalu Kurus? Ini 6 Cara Menaikkan Berat Badan Sehat Tanpa Jadi Buncit

Rini Apriliani | Sabtu, 09 Jan 2021 17:30 WIB
Terlalu Kurus? Ini 6 Cara Menaikkan Berat Badan Sehat Tanpa Jadi Buncit
caption

Memiliki tubuh sehat dengan berat badan yang proporsional menjadi idaman banyak orang. Sebagian orang mungkin ada yang sedang berusaha extra untuk menurunkan berat badannya. Namun, tak sedikit juga ia yang sedang berusaha untuk menaikkan berat badannya.

Proses penambahan berat badan ini tidak selalu mudah. Sebab setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada ia yang mudah gemuk dan ada juga ia yang cukup sulit untuk menggemukkan badannya sehingga membutuhkan usaha extra.

Untukmu yang saat ini memiliki tubuh yang terlalu kurus, dan ingin menambah bobot badan, simak tips sehat menaikkan berat badan di bawah ini ya! 

1. Melakukan Surplus Kalori

tips menambah berat badan, surplus kalori
Melakukan Surplus Kalori/Sumber: Freepik.com/womaneat

Jika pada proses penurunan berat badan dikenal metode defisit kalori, maka pada proses penambahan berat badan dikenal metode surplus kalori. Surplus kalori artinya memberikan banyak asupan kalori pada tubuh. Dimana jumlah kalori yang masuk harus lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang terbuang, sehingga massa tubuh dapat bertambah.

2. Makan Lebih Banyak dan Lebih Sering dari Biasanya

makanan sehat untuk menaikkan bb
Makanan Sehat/Sumber: Freepik.com/womaneat

Pada metode surplus kalori, kamu perlu memakan makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Mungkin di awal kamu akan merasa perutmu tidak enak karena kekenyangan, namun hal ini bisa disiasati dengan jadwal makan yang dilakukan lebih sering dari biasanya.

Jika biasanya kamu makan 2 - 3 kali sehari, pada surplus kalori kamu dapat makan hingga 5 - 6 kali sehari. Hal ini tentu saja untuk melampaui kebutuhan kalori harianmu setiap harinya.

3. Mengkonsumsi Banyak Protein

Mengkonsumsi susu protein
Konsumsi Protein/Sumber: Freepik.com/womandrink

Protein menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk proses menaikkan berat badan. Pasalnya, dengan mengkonsumsi banyak protein dapat menambah massa otot tubuhmu. Jika perlu, kamu pun dapat meminum susu whey protein sebagai tambahan asupan protein yang masuk ke dalam tubuh.

4. Tidak Memusuhi Karbohidrat dan Lemak Sehat

Makanan karbo untuk sehat
Mengkonsumsi Karbohidrat & Lemak Sehat/Sumber: Freepik.com/womaneat

Untukmu yang ingin menambah berat badan, tindakan memusuhi karbohidrat dan lemak sehat adalah cara yang salah. Pasalnya, kedua makanan tersebut efektif menambah massa tubuhmu.

Namun jangan asal makan, untuk menciptakan tubuh yang sehat tentu makanan yang masuk pun haruslah sehat. Kamu dapat memakan karbohidrat dari nasi, gandum, oats, buah pisang, dan lainnya. Sedangkan lemak baik bisa didapatkan dari alpukat, susu, tuna, salmon, dan lainnya.

5. Memilih Camilan Sehat dan Bernutrisi

Camilan sehat untuk menaikkan berat badan
Camilan Sehat/Sumber: Freepik.com/womaneat

Selain makan utama dengan jumlah yang lebih banyak atau sering, ngemil pada proses penaikan berat badan pun sangat disarankan. Kamu dapat ngemil di luar jam makanmu. Namun agar tetap sehat, pilihlah cemilan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

6. Olahraga yang Berfokus pada Meningkatkan Kekuatan

wanita olahraga angkat beban
Olahraga Angkat Beban/Sumber: Freepik.com/womansport

Olahraga menjadi salah satu point penting dalam kehidupan. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, untukmu yang ingin menambah bobot tubuh pun harus melakukan olahraga secara rutin.

Untuk masalah menambah bobot tubuh dengan kenaikan massa otot, dapat melakukan olahraga rutin yang melatih kekuatan. Olahraga yang dapat kamu coba diantaranya angkat beban, berenang, aerobik, atau bersepeda santai. 

Beautynesian, itu dia keenam cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah bobot tubuh secara sehat. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id