sign up SIGN UP

Mana yang Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan, Diet atau Olahraga?

Raudiya Nurfadilah H | Kamis, 15 Jul 2021 20:15 WIB
Mana yang Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan, Diet atau Olahraga?
caption

Diet dan olahraga merupakan cara yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan secara efektif. Diet dilakukan untuk mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya, sedangkan olahraga dilakukan agar mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Sehingga diet dan olahraga memiliki fungsi dan peran penting yang saling berkaitan.

manakah yang lebih cepat turunkan berat badan, diet atau olahraga?
diet atau olahraga yang cepat turunkan berat badan/ Foto: Pexels/ Total Shape

Namun jika dibandingkan di antara keduanya, kira-kira mana yang paling cepat menurunkan berat badan? Diet atau olahraga?

Jika dibandingkan, diet dinilai jauh lebih efektif dan lebih cepat untuk menurunkan berat badan, karena untuk membakar kalori 500-700 kalori dalam tubuh dibutuhkan banyak aktivitas melalui olahraga.

Dikutip dari Womens Health Mag, menurut Albert Matheny, RD, CSCS, salah satu pendiri SoHo Strength Lab dan PROMIX Nutrition, mengatakan bahwa kunci untuk menurunkan berat badan, sebenarnya adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar, Beauties.

Jika dibandingkan, diet dinilai jauh lebih efektif dan lebih cepat untuk menurunkan berat badan,
Diet dinilai lebih cepat menurunkan berat badan/ Foto: Pexels/ cats Coming

Tetapi jika menggabungkan keduanya maka akan lebih sempurna dan kamu tidak perlu melakukan aktivitas olahraga yang beragam. Misalnya kamu harus membakar 500 kalori sehari, kamu bisa melakukan olahraga untuk membakar kalori sebanyak 250 dan setelah itu bisa mengurangi asupan makanan sebanyak 250 kalori juga, sehingga penurunan berat badan yang kamu jalani tidak terasa berat.

“Kombinasi diet dan olahraga adalah yang terbaik pada setiap tahap penurunan berat badan,” ujar Matheny.

Kombinasi diet dan olahraga adalah yang terbaik pada setiap tahap penurunan berat badan
Diet harus dibarengi dengan olahraga/ Foto: Pexels/ Andrea Piaquadio

Meski begitu, mengutip dari Healthline, menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga saja, tidak akan efektif karena dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat makan lebih banyak kalori daripada membakarnya ketika berolahraga. Tapi kalau kamu melakukan diet yang mengurangi jumlah asupan kalori tanpa dibarengi dengan olahraga pun, kamu akan kehilangan massa otot dan juga lemak.

Ketika kamu hanya mengurangi kalori, tubuhmu akan terpaksa mencari sumber ‘bahan bakar’ lain, yang artinya protein otot dan simpanan lemak akan menjadi bahan bakar dan akhirnya hilang.

untuk menurunkan berat badan dengan cepat, bisa dilakukan dengan diet dan dibarengi dengan olahraga
Lebih baik jika diet dan olahraga dilakukan bersamaan/ Foto: Freepik/ Jcomp

Jadi intinya, untuk menurunkan berat badan dengan cepat, bisa dilakukan dengan diet yang mengurangi asupan kalori harian, tetapi lebih sempurna lagi jika dibarengi dengan olahraga karena dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh dan meminimalkan kehilangan otot.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id