sign up SIGN UP

LIFE

Mengalami Hal-Hal Ini? Bisa Jadi Hormonmu Tidak Seimbang, Ladies!

Dimitrie Hardjo | Rabu, 13 Jan 2021 18:35 WIB
Mengalami Hal-Hal Ini? Bisa Jadi Hormonmu Tidak Seimbang, Ladies!
Tanda-tanda hormon tidak seimbang. Foto: unsplash.com

Hormon mempunyai peran penting bagi tubuh. Jika kelenjar endokrin yang memproduksi hormon ini tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan tidak keseimbangan hormon.

Penyebabnya pun bermacam-macam, seperti kehamilan, perubahan suasana hati, pil kontrasepsi, makanan yang tidak sehat, kurang tidur, atau bahkan gaya hidup yang pasif. 

Banyak pemicu ketidakseimbangan hormon yang bisa berakibat ke gangguan tubuh lainnya. Karena itu, kita perlu mengenali tanda-tandanya agar bisa segera mengatasinya. Yuk simak beberapa tandanya di bawah ini!

1. Rasa moody

Moody.
Moody. Foto: freepik.com

Mood yang tidak beraturan, seperti marah, sedih, stres, dan gelisah tanpa sebab yang jelas bisa menjadi tanda hormon kamu tidak seimbang, Ladies! 

2. Mudah lelah

Mudah lelah.
Mudah lelah. Foto: freepik.com

Melakukan pekerjaan ringan tapi tubuh langsung merasa capek? Bisa jadi salah satu tanda kalau hormon yang diproduksi terlalu berlebihan atau kekurangan.

3. Naiknya berat badan

Naiknya berat badan.
Naiknya berat badan. Foto: unsplash.com

Tanda satu ini sangat dipengaruhi oleh pola makan kalian yang nantinya bisa mempengaruhi hormon. Nafsu makan berubah dan konsumsi makanan tidak sehat bisa menjadi pemicu. Jika tidak hormon tidak terkontrol, maka obesitas juga bisa terjadi lho.

4. Jerawat kronis

Munculnya jerawat yang kronis.
Munculnya jerawat yang kronis. Foto: freepik.com

Hormon androgen yang berlebihan pada pria dan wanita bisa mempengaruhi kelenjar minyak sehingga memproduksi sebum berlebih. Hormon androgen ini juga mengatur sel kulit dan folikel rambut, jadi ketika hormon ini tidak terkontrol, maka jerawat berkepanjangan bisa terjadi.

5. Mengalami gangguan tidur

Mengalami gangguan tidur.
Mengalami gangguan tidur. Foto: freepik.com

Penyakit insomnia atau gangguan tidur bisa menjadi pertanda kamu mengalami gangguan hormon. Ketika tidur yang merupakan salah satu kunci agar organ tubuh bisa berfungsi dengan baik terganggu, maka bisa mempengaruhi ke masalah lainnya.

6. Rambut rontok berlebihan

Rambut rontok berlebihan.
Rambut rontok berlebihan. Foto: unsplash.com

Pada umumnya, rambut kita rontok sebanyak 50 sampai 100 helai per hari. Namun, ketika hormon kamu terganggu, rambut rontok yang disebabkan bisa lebih dari normal sehingga perlu diwaspadai.

Nah, itu dia beberapa tanda yang perlu kamu ketahui ketika hormon kamu tidak seimbang, Ladies! Jika kamu mengalami hal-hal seperti yang disebutkan di atas, akan lebih baik jika kamu langsung mengatasinya sebelum terjadi permasalahan lebih lanjut ya!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id