sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Volumetrics Diets, Kamu Tetap Kenyang dan Bebas Makan Banyak

Ayuliy Lestari | Rabu, 07 Apr 2021 14:00 WIB
Mengenal Volumetrics Diets, Kamu Tetap Kenyang dan Bebas Makan Banyak
Foto: kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Ada banyak metode diet yang diklaim mudah dilakukan dan optimal menurunkan berat badan. Namun ada salah satu jenis diet yang cocok untuk kamu, si pecinta kuliner. Yups, Volumetrics Diet, yang dibuat oleh seorang ahli nutrisi dan peneliti, Barbara Rolls, Ph.D.

Volumetrics Diet ini cocok banget untuk orang-orang yang hobi makan dan tidak suka terlalu banyak aturan. Dikutip dari health.usnews.com, jika mengikuti aturan Volumetrics Diet dengan tepat dan rutin, kamu bisa turun 0,5 –1 kg per minggunya lho!

Apa Sih Volumetric Diet?

kenalan dengan Volumetrics Diets
kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Seperti namanya, Volumetric Diet mengutamakan volume atau porsi besar dalam menu makan. Jadi rasa kenyanglah tujuannya, Ladies. Seperti yang diketahui, ada banyak jenis makanan rendah kalori seperti, buah, sayur, sup dan segala jenis makanan berprotein lainnya, dan itulah yang boleh dimakan dalam jumlah banyak.

Selain mengonsumsi makanan rendah kalori, ada tips yang wajib diikuti yaitu menghindari makanan berbahan minyak dan mentega. Kamu bisa mengganti lemak jahat dengan lemak sehat yang dihasilkan dari ikan dan kacang-kacangan. Sebenarnya makan makanan berlemak masih diperbolehkan, asalkan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Tetap Kenyang Walau Sedang Diet

kenalan dengan Volumetrics Diets
kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Diet ini diklaim sebagai jawaban untuk orang-orang yang ingin langsing tapi tetap bisa makan seperti biasanya, tanpa harus “menderita” dengan mengurangi porsi makan. Diet ini menganut prinsip “walau sedang diet, perut tetap harus kenyang”.

Namun, meski tetap bisa makan sampai kenyang, kamu juga perlu mengikuti aturan-aturannya. Seperti yang sudah dibahas di atas di mana kamu harus menghindari makanan berbahan minyak dan mentega, Ladies.

Perhatikan Densitas Energi

kenalan dengan Volumetrics Diets
kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Secara umum, dalam metode Volumetrics Diets, hampir semua makanan bisa dikonsumsi. Kamu hanya harus mengetahui bahwa setiap makanan memiliki densitas energi yang berbeda. Densitas energi di sini dapat diartikan sebagai kalori yang terkandung di dalam sejumlah makanan.

Suatu makanan dikatakan memiliki densitas energi yang tinggi jika dalam jumlah yang sedikit saja sudah mengandung banyak kalori, seperti minyak atau makanan yang digoreng. Sedangkan, makanan yang memiliki densitas energi rendah seperti sayur dan buah adalah makanan yang memiliki kalori yang lebih rendah.

Jadi, Barbara Rolls, Ph.D. menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki densitas kalori rendah. Karena, meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, terutama untuk kamu yang masih sering lapar mata maka kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap lebih rendah sehingga tidak membuat tubuh kamu mengalami kenaikan yang terlampau drastis.

Kategori Makanan dalam Volumetrics Diets

kenalan dengan Volumetrics Diets
kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Yang lebih menarik lagi, diet ini memiliki beberapa kategori makanan. Meskipun ada beberapa makanan yang memiliki densitas kalori cukup tinggi, bukan berarti kamu benar-benar tidak boleh menikmatinya sama sekali.

Kategori pertama adalah makanan yang boleh dikonsumsi kapan saja, seperti buah, sayur dan sup kaldu (sup bening tanpa santan). Kategori kedua adalah makanan yang boleh dikonsumsi dalam porsi secukupnya, seperti nasi merah, nasi cokelat, pasta gandum, roti gandum, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Kategori ketiga adalah makanan yang hanya boleh dikonsumsi dalam porsi kecil, seperti roti, kue, keju dan daging berlemak. Kategori keempat adalah makanan yang hanya boleh dikonsumsi sesekali (misalnya seminggu sekali), seperti makanan yang digoreng, permen, biskuit, crackers dan makanan berlemak lainnya dalam porsi kecil.

[Gambas:Instagram]

Olahraga Tetap Perlu Dilakukan

kenalan dengan Volumetrics Diets
kenalan dengan Volumetrics Diets/freepik.com

Menurut Barbara Rolls, Ph.D., untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal, diet saja tak akan cukup. Olahraga rutin harus tetap dilakukan sebagai bagian dari diet volumetrics. Kamu disarankan untuk berjalan kaki setidaknya 150 langkah per hari.

Kamu juga diberi target untuk mencapai 1.000 langkah ketika menginjak hari ketujuh. Target jangka panjang adalah mencapai 10.000 langkah dalam sehari. Bagaimana menurutmu, Ladies? Tertarik mencoba Volumetrics Diets?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id