sign up SIGN UP

LIFE

Menuju Body Goals 2021, Lakukan Variasi Olahraga di Dalam Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Nisrina Salsabila | Kamis, 14 Jan 2021 16:00 WIB
Menuju Body Goals 2021, Lakukan Variasi Olahraga di Dalam Rumah yang Seru dan Menyenangkan
caption
Jakarta -

Zaman sekarang, menjaga pola hidup sehat merupakan hal utama. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Nggak perlu ribet-ribet ke gym atau studio senam, kini kamu bisa melakukan variasi olahraga dari dalam rumah. Biayanya pun relatif murah, loh!

Ikuti saja video tutorial olahraga yang kamu senangi. Atau seperti yang digemari banyak orang saat ini, yaitu berlangganan program olahraga secara bulanan. Jadi, tak ada halangan lagi bagi kamu untuk melewatkan kegiatan positif berolahraga karena alasan sibuk, ya.

Yuk, ganti kebiasaanmu di tahun 2021 dari #timrebahan jadi #timolahraga dengan pilihan variasi olahraga yang bisa lakukan dari rumah berikut ini.

Yoga

olahraga di dalam rumah
Yoga bisa mengatasi stres dan meregangkan otot/Foto: Pinterest/skinnyms

Yoga memiliki manfaat untuk membantu meredakan ketegangan fisik dan psikis serta memperbaiki postur tubuh. Ketika kamu merasa stres dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, gerakan yoga yang lambat dan berfokus pada kontrol pernapasan dapat meredakan kecemasan. Alhasil, produksi hormon kortisol yang keluar saat kamu merasa stres pun bisa diturunkan. Itu artinya, bye bye jerawat hormon!

Praktikkanlah dengan benar gerakan-gerakan yoga sederhana yang tersedia di kanal YouTube. Sebagai pemula, lakukan dari gerakan yang paling mudah dulu supaya meminimalisir cedera.

Zumba

olahraga di dalam rumah
Zumba amat menyenangkan dengan tarian dan musik/Foto: Freepik

Zumba adalah jenis aerobic dance yang menjadi favorit banyak orang, termasuk artis Nagita Slavina. Program kebugaran ini menggabungkan musik Latin, Internasional, dan Salsa dengan beberapa gerakan tarian yang melatih ketahanan juga kekuataan secara menyenangkan dan tentunya membakar kalori.

Selain dilakukan bersama-sama di pusat kebugaran, olahraga aerobic ini juga tidak kalah seru untuk dilakukan di rumah. Kamu bisa menggunakan tutorial video zumba yang diunggah di kanal YouTube atau mengikuti kelas zumba online dari studio kebugaran favoritmu. Coba lakukan zumba minimal 30 menit per hari untuk hasil yang maksimal.

Demi meraih manfaat double, lakukankan zumba di pagi hari ketika sinar matahari mulai muncul. Selain memperoleh manfaat sehat, kamu juga dapat bonus asupan vitamin D dari sinar matahari selagi berolahraga.

Skipping

olahraga di dalam rumah
Skipping bisa melatih kesehatan jantung/Foto: Pinterest/skinnyms

Skipping atau lompat tali adalah salah satu olahraga kardio yang sangat baik dan mampu membakar sekitar 220 kalori dalam 20 menit. Cukup siapkan tali skipping dan kamu bisa melakukannya di mana saja.

Bagi pemula, setelah melakukan pemanasan dan peregangan, lakukan lompatan secara intens dalam 10-30 detik sebanyak 5-10 sirkuit/putaran. Putar tali dengan pergelangan tangan, bukan dengan lengan, dan mendaratlah dengan lembut.

Pilates

olahraga di dalam rumah
Pilates melatih core dan postur tubuh/Foto: Pinterest/MerakiLane

Meski gerakannya mungkin terlihat serupa, pilates merupakan versi yang lebih modern dari yoga. Prinsip pilates adalah menyatukan harmonisasi jiwa dan raga agar bisa saling bekerja sama membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Pilates dilakukan secara perlahan dengan melibatkan teknik pernapasan, latihan keseimbangan, pemusatan konsentrasi, serta latihan kekuatan otot.

Metode ini difokuskan untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan. Pilates membawa segudang manfaat, di antaranya dapat menguatkan otot inti, memperbaiki postur tubuh dan masalah tulang belakang, hingga menurunkan berat badan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id