sign up SIGN UP

Perempuan Gemuk, Benarkah Lebih Sulit untuk Hamil?

Fina Prichilia | Senin, 11 Oct 2021 20:00 WIB
Perempuan Gemuk, Benarkah Lebih Sulit untuk Hamil?
caption
Jakarta -

Bisa cepat hamil, bisa dibilang jadi keinginan dari kebanyakan perempuan yang baru menikah. Namun, terkadang susah buat hamil juga kerap ditemui oleh sebagian orang. Alasannya bisa banyak, Beauties, tergantung kondisi tiap orang.

Lantas, salah satunya disebut-sebut yakni kondisi kegemukan. Apakah ada kaitannya dengan susah hamil? Cek penjelasannya berikut, yuk!

Kondisi Terlalu Gemuk Pengaruhi Sulit untuk Hamil

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: Freepik.com

Mengutip laman Lifescript, perempuan dengan berat badan berlebih bisa berisiko susah untuk hamil, karena adanya sel-sel lemak yang terlalu banyak. Hal ini rupanya sebabkan kelebihan produksi estrogen, alhasil ovulasi jadi tidak teratur.

Kelebihan berat badan pada perempuan juga biasanya ada kaitan dengan PCOS (sindrom polikistik ovarium). Yakni gangguan ketidakseimbangan hormon pada perempuan di usia subur.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K) dikutip dari detikHealth, pada orang gemuk biasanya akan terjadi gangguan pada kerja hormon insulin, Beauties.

Hormon ini diketahui punya fungsi memasukkan gula atau glukosa ke dalam sel. Akibatnya, insulin tak bisa bekerja dengan optimal sehingga dapat memicu gangguan pada hati, juga PCOS.

Gejala PCOS biasanya ditandai dengan siklus haid yang tak teratur, juga adanya pertumbuhan rambut berlebih. Selain itu, obesitas juga diketahui meningkatkan risiko keguguran.

Bagaimana dengan pria? Pria yang kelebihan berat badan pun punya pengaruh. Yakni membuat gerak sperma jadi lambat, hingga jumlahnya yang menurun drastis, karena testis menjadi terlalu hangat.

Kiat Agar Cepat Hamil

Ilustrasi ibu hamil (Freepik)Ilustrasi ibu hamil. / Foto: Freepik.com

Bila kamu dan suami lagi program hamil, sebaiknya lakukanlah screening kesehatan dulu ke dokter, Beauties. Tujuannya supaya dokter tahu bahwa keadaan Anda dan suami, apakah memungkinkan untuk menjalani program hamil secara lancar, maupun faktor-faktor risiko lainnya.

Selain itu terapkanlah gaya hidup sehat setiap hari. Bila kamu kegemukan, kamu akan disarankan untuk menurunkan BB ke angka ideal, serta melakukan hubungan intim lebih sering saat masa subur.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id