sign up SIGN UP

LIFE

Pijat Payudara, Ini Manfaatnya!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 01 May 2021 05:00 WIB
Pijat Payudara, Ini Manfaatnya!
caption

Pijat payudara ternyata punya banyak manfaat, bukan hanya untuk para ibu menyusui. Simak ulasan tentang manfaat pijat payudara berikut ini.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan diri adalah mengenali tubuhmu sendiri. Saat kamu rutin memberikan pijatan sederhana pada payudara, kamu akan dapat mendeteksi risiko awal kanker payudara berupa munculnya benjolan di area sisi payudara.
Pijat payudara/ Sumber: Freepik.com

1. Deteksi kanker payudara

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan diri adalah mengenali tubuhmu sendiri. Saat kamu rutin memberikan pijatan sederhana pada payudara, kamu akan dapat mendeteksi risiko awal kanker payudara berupa munculnya benjolan di area sisi payudara. Pemijatan rutin payudara dapat menjadi cara untuk memeriksa payudara sendiri.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, 71 persen kanker payudara pada wanita di bawah 50 tahun ditemukan melalui deteksi diri. Memanfaatkan pijat payudara sebagai bagian rutin dari rutinitas kamu memungkinkan kamu mendeteksi potensi penyimpangan pada jaringan payudara.

2. Memaksimalkan produksi ASI untuk ibu menyusui

Berbagai masalah produksi ASI memang sangat umum dialami oleh para ibu baru. Untuk bisa mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi asupan ASI booster. Selain itu, melakukan pijat payudara juga bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan produksi ASI dan mencegah saluran ASI tersumbat.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa ibu yang memijat payudaranya 10 menit sebelum menyusui mendapatkan peningkatan laktasi dan pengurangan rasa sakit.

Berbagai masalah produksi ASI memang sangat umum dialami oleh para ibu baru. Untuk bisa mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi asupan ASI booster. Selain itu, melakukan pijat payudara juga bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan produksi ASI dan mencegah saluran ASI tersumbat.
Pijat payudara/ Sumber: Freepik.com

3. Stimulasi sistem limfatik

Pijat payudara dapat membantu memastikan racun dalam sistem limfatik keluar. Kelenjar getah bening membentuk sistem limfatik, yang berisi cairan yang bertanggung jawab untuk membuang racun. Kelenjar getah bening ini juga sering menunjukkan infeksi dengan pembengkakan.

Penumpukan cairan limbah yang menyebabkan penyumbatan di kelenjar getah bening berpotensi mengembangkan limfedema. Kondisi yang tidak dapat disembuhkan dan ini biasanya menyebabkan pembengkakan di lengan atau tungkai. Namun, meskipun kamu tidak menderita limfedema, pijat payudara dapat membantu menjaga sistem limfatik tetap bergerak.

4. Meredakan nyeri otot

Memijat payudara dapat membantu meredakan nyeri dada, bahu, dan punggung. Anda tidak perlu melakukan pull-up dalam tes kebugaran fisik untuk melatih otot dada. Ketegangan yang berkumpul di punggung juga bisa membuat otot dada menjadi tegang. Memijat otot dada dapat membantu mengurangi ketegangan di area tersebut dan meredakan nyeri.

5. Memperindah tampilan payudara

Nah, ini mungkin yang paling kamu tunggu-tunggu. Ya, pijat payudara dapat membantu estetika payudara. Meskipun studi ilmiah masih belum banyak membuktikan hal ini, beberapa orang menggunakan pijat payudara sebagai cara untuk meminimalkan stretch mark dan mengurangi payudara kendur.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pijat payudara selama 15 menit dengan minyak almond mengurangi munculnya stretch mark.

Meskipun studi ilmiah masih belum banyak membuktikan hal ini, beberapa orang menggunakan pijat payudara sebagai cara untuk meminimalkan stretch mark dan mengurangi payudara kendur. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pijat payudara selama 15 menit dengan minyak almond mengurangi munculnya stretch mark.
Manfaat pijat payudara/ Sumber: Freepik.com

Jadi, jangan malas untuk melakukan pijat payudara secara rutin, setidaknya sendiri saat mandi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id