sign up SIGN UP

Selain Nyeri Otot dan Diare, Kenali Gejala Lain Covid-19 Varian Delta yang Perlu Diwaspadai

Meydiana Adinda | Jumat, 16 Jul 2021 19:15 WIB
Selain Nyeri Otot dan Diare, Kenali Gejala Lain Covid-19 Varian Delta yang Perlu Diwaspadai
caption

Covid-19 varian Delta adalah mutasi terbaru dari virus covid-19. Varian Delta ini ditemukan pertama kali di India pada Oktober 2020. Sejak 11 Mei 2021, WHO (World Health Organization) telah melabeli varian Delta sebagai variant of concern (VOC) atau varian yang perlu diwaspadai.

Sebagai variant of concern, varian Delta cukup berbahaya karena memiliki risiko penularan yang lebih cepat dan menyebabkan penyakit yang lebih parah. Dilansir dari laman Corona Jakarta, sejak 14 Juni 2021, varian ini telah menyebar ke 74 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Maka dari itu, selain mentaati protokol kesehatan yang telah ditentukan, penting juga bagi kita untuk mengenal gejala dari varian Delta ini. Berikut penjelasan lengkap mengenai Covid-19 varian Delta:

Gejala Covid-19 Varian Delta

Gejala Covid-19 varian Delta
Gejala Covid-19 varian Delta/foto: freepik.com/tiarachardz

Sebelumnya penderita covid-19 mengalami gejala umum seperti demam, batuk kering, napas pendek, mudah lelah, menggigil, atau tak dapat merasakan bau dan rasa. Namun dilansir dari ZOE COVID Symptom Study, gejala ‘tradisional’ anosmia (kehilangan penciuman), sesak napas, dan demam lebih sedikit dirasakan. Lantas, bagaimanakah gejala terbaru yang ditemukan dari varian ini?

Menurut Corona Jakarta, ada beberapa gejala lain yang biasanya dialami penderita varian ini, yakni:

  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Mual atau muntah
  • Diare
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Gangguan pendengaran
  • Pembekuan darah
  • Gangrene (matinya jaringan tubuh).

Lindungi Diri dari Covid-19 Varian Delta

Lindungi diri dari Covid-19 varian Delta
Double masking untuk proteksi dari Covid-19 varian Delta/foto: instagram.com/callfomy

Melihat penularan varian Delta yang lebih cepat, tentu kita harus memperkuat perlindungan diri, Beauties. Cara utama untuk melindungi diri adalah dengan menggunakan masker, dan saat ini penggunaan masker rangkap (double masking) sangat disarankan.

"Double mask sangat disarankan, apalagi sekarang varian Delta sudah ada di populasi kita. Double mask dengan masker medis dan masker kain itu dapat memperkuat perlindungan. Efektif hingga 85% menurunkan risiko terpapar virus Covid-19,” ujar dokter spesialis penyakit dalam, Eric Daniel Tenda, dilansir dari CNN Indonesia.

Disarankan juga untuk mengikat silang (knot) tali masker untuk mencegah masuknya virus dari bagian samping wajah. Selain itu, ingatlah untuk mengganti masker secara rutin, setidaknya setiap 6 jam sekali. Tak hanya melindungi diri dengan double masking, kita juga harus mematuhi 5M yang lainnya, yaitu: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai Covid-19 varian Delta yang perlu kamu waspadai. Jaga dirimu dengan mengikuti protokol kesehatan ya, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id