sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kamu Bisa Lakukan 3 Hal Ini Pada Orang yang Berduka Akibat Covid-19

tjitradewi | Kamis, 15 Jul 2021 07:00 WIB
Kamu Bisa Lakukan 3 Hal Ini Pada Orang yang Berduka Akibat Covid-19
Ini cara merespons orang yang sedang berduka akibat Covid-19/ Foto: Pexels/ Kat Jayne.

Masyarakat Indonesia bahkan semua orang di belahan dunia lain, sama-sama mengarungi ombak besar yang sama, yakni gelombang kedua pandemi covid-19. Dalam minggu ini, beberapa kali Indonesia menempati urutan teratas dunia dari jumlah orang yang meninggal akibat covid-19. 

Kabar duka pun seperti tak kunjung habis. Kita mendengarnya melalui pengeras suara masjid, sejumlah grup di WhatsApp, media sosial, atau telepon dari saudara dan kerabatmu. Di tengah situasi duka berkepanjangan ini, kamu kemungkinan memiliki teman atau saudara yang ditinggalkan oleh orangtua, sahabat, dan kerabatnya karena covid-19

Lalu, bagaimana cara merespons mereka yang sedang berduka? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mendengarkan dengan Tulus

Kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi temanmu yang berduka akibat Covid-19
Kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi temanmu yang berduka akibat Covid-19/ Foto: Pexels/Vlada Karpovich

Dikutip dari Time, jika teman atau saudaramu yang sedang berduka mengawali percakapan lebih dahulu, biarkan lah mereka bercerita tanpa harus kita tanggapi.

Kita memang cenderung tumbuh untuk selalu beraksi terhadap sesuatu dan mencoba untuk memberi saran, namun bagi orang yang sedang berduka, didengarkan dengan tulus dan memberikan mereka ruang untuk mengekspresikan emosinya tanpa harus dihakimi dan diinterupsi membuat mereka merasa dihargai.

2. Rajin Bertanya Kabar

Jangan lupa bertanya kabar ke temanmu yang berduka akibat Covid-19
Jangan lupa bertanya kabar ke temanmu yang berduka akibat Covid-19/ Foto: Pexels/Yan Krukov

Beberapa dari kita mungkin ada yang bingung untuk memulai percakapan dengan teman yang sedang berduka. Namun percaya lah, niat baikmu seperti bertanya tentang kabar mereka dan mencoba untuk memulai percakapan menjadi hal yang mereka butuhkan.

Ditanya kabar oleh teman atau saudara sendiri, membuat mereka merasa nyaman dan diperhatikan. Namun ingat, kamu juga harus sensitif membaca responsnya. Jangan sampai kamu terlalu 'berisik' dan dan justru mengganggu.

3. Mengirimkan Makanan atau Barang Kesukaan

Kamu juga bisa mengirimkan makanan ke temanmu yang berduka akibat Covid-19
Kamu juga bisa mengirimkan makanan ke temanmu yang berduka akibat Covid-19/ Foto: Pexels/Lisa

Orang yang sedang berduka kebanyakan abai terhadap kebutuhan diri mereka sendiri. Tak jarang mereka lupa makan, istirahat, dan merawat diri. Sebagai bentuk perhatian dan ungkapan kasih sayang, kamu bisa memberikan mereka makanan atau barang kesukaannya. 

Jika teman atau saudaramu masih muda dan belum bekerja lalu ditinggal oleh tulang punggung keluarga karena covid-19, jangan ragu untuk mengirimkan kebutuhan dasar seperti sembako atau berikanlah uang tunai. Meski tak banyak, perhatianmu ini akan sangat berarti dan menghapus sedikit ketakutan yang ada di hati dan pikiran mereka.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id