sign up SIGN UP

LIFE

Tenggorokan Berlendir Sangat Mengganggu? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ade Irma Suryani | Jumat, 26 Jun 2020 16:00 WIB
Tenggorokan Berlendir Sangat Mengganggu? Ini Cara Mudah Mengatasinya
caption
Jakarta -

Tenggorokan berlendir memang sangat mengganggu dan membuat serba tidak nyaman. Sebenarnya, lendir pada tenggorokan memiliki fungsi dalam menjaga kelembapan area tubuh dan memerangkap benda-beda asing seperti bakteri, virus, debu, kotoran dan sebagainya. Namun, untuk beberapa kondisi tertentu, produksi lendir di tenggorokan bisa menjadi terlalu banyak. Beberapa penyebab yang membuat lendir di tenggorokan menjadi bertambah adalah seperti kondisi pilek, flu, alergi, sinusitis, penyakit asam lambung, dan lain sebagainya.

Nah, untuk menghilangkannya ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi gangguan lendir di tenggorokan. Simak ulasannya berikut ini.  

 


1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara mengencerkan lendir adalah dengan banyak minum air putih.
Perbanyak Minum Air Putih/Freepik.com

Lendir yang mengental pada tenggorokan memang membuat serba tidak nyaman. Untuk itu, kamu perlu mengencerkannya dengan banyak minum air putih. Tak hanya membantu agar tenggorokan tetap lembab, disamping itu hal ini pun juga dapat membuat tubuhmu tetap terhidrasi. Kamu dapat meminum air putih hangat, atau minuman hangat alternatif lainnya seperti teh tanpa kafein dan air jahe.

 

2. Konsumsi Sup Ayam

Sup ayam dapat mengatasi lendir di tenggorokan
Sup Ayam/Freepik.com

Mengonsumsi makanan berkuah panas seperti sup ayam hangat juga diketahui mampu meredakan tenggorokan berlendir. Hal ini lantaran uap panas dari makanan tersebut dapat mengencerkan lendir pada tenggorokan dan meredakan masalah hidung yang tersumbat. Selain itu, mengonsumsi sup ayam juga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh lho. 

 

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membersihkan lendir pada tenggorokan.
Berkumur dengan Air Garam/Freepik.com

Salah satu cara untuk membersihkan lendir di tenggorokan adalah dengan berkumur air hangat yang dicampur garam. Caranya cukup mudah, larutkan 1 sendok garam ke dalam segelas air putih hangat, diaduk rata lalu berkumurlah dengan air garam tersebut.

 

4. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga dapat mengencerkan dahak.
Mandi Air Hangat/Freepik.com

Selain mengonsumsi makanan dan minuman hangat, mandi dengan air hangat juga diketahui memiliki manfaat yang sama dalam mengencerkan lendir di tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat. Tak hanya dapat mengencerkan dahak, uap dari air hangat tersebut tentunya juga sekaligus memberikan rasa nyaman bagi tubuh. 

 

5. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi dari Tubuh

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh agar lendir tidak menggumpal di belakang tenggorokan.
Posisi Kepala Lebih Tinggi dari Tubuh/Freepik.com

Lendir yang menumpuk di tenggororokan pada malam hari memang akan sangat mengganggu tidurmu. Oleh karena itu, saat akan tidur di malam hari cobalah untuk menambah beberapa bantal di bawah kepalamu. Usahakan agar posisi kepalamu lebih tinggi dari tubuh. Hal ini sendiri dilakukan agar lendir tidak menumpuk di belakang tenggorokan yang bisa membuatmu terganggu oleh batuk di malam hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id