sign up SIGN UP

Tidak Selalu Menyehatkan, Ini 3 Dampak yang Ditimbulkan Jika Kamu Jarang Pakai Bra

Raudiya Nurfadilah H | Jumat, 15 Oct 2021 06:00 WIB
Tidak Selalu Menyehatkan, Ini 3 Dampak yang Ditimbulkan Jika Kamu Jarang Pakai Bra
caption

Melepas bra setelah melakukan aktivitas seharian bisa membuatmu merasa lebih lega, hal tersebut juga dapat memberikan kesempatan agar payudara dapat ‘bernapas’ dengan bebas. Semenjak dibelakukannya WFH (Work from Home), beberapa perempuan bahkan jarang mengenakan bra selama di rumah.

Dikutip dari laman Elle, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sensuswide, menemukan bahwa sejak lockdown dimulai, hampir 46 persen perempuan melepas bra setidaknya sekali dalam seminggu dengan alasan kenyamanan.

Penelitian juga menemukan beberapa manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya tidak akan terkena kista ataupun kanker payudara. Meski begitu, tidak memakai bra dalam waktu yang lama juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho. Berikut ini ada 3 efek samping yang ditimbulkan jika kamu jarang memakai bra.

Payudara Menjadi Kendur

Dampak tidak pakai bra, payudara menjadi kendur/ Foto: Pexels/ Sora Shimazaki
Dampak tidak pakai bra, payudara menjadi kendur/ Foto: Pexels/ Sora Shimazaki

Dampak dari tidak memakai bra bukan hanya terasa pada postur badan saja tetapi berpengaruh juga pada payudara. Mengutip laman Woman and Home, Sandra Dyke, profesional bra fitter mengatakan bahwa jika payudara tidak ditopang dengan waktu yang lama maka lebih rentan mengalami kendur.

“Bra memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk melindungi dan menahan beban payudaramu,” ujar Alexandra Thrower, seorang brand manager di Chantelle.

Hal serupa juga dikatakan oleh dr. Sherry Ross, seorang pakar kesehatan perempuan bahwa jika kamu tidak memakai bra maka payudara akan terasa kendur.

“Jika tidak ada dukungan jangka panjang yang tepat , jaringan payudara akan merenggang dan menjadi kendur, terlepas dari ukurannya” katanya yang dikuti dari laman Shape.

Namun menurut Andrea Madrigrano, MD, ahli bedah payudara dan profesor bedah di Rush University Medical Center di Chicago menuturkan bahwa payudara yang kendur lebih mungkin terjadi berdasarkan kepadatannya. Jika memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan berserat (yaitu lebih besar), maka cenderung mengalami kendur apabila tidak memakai bra, tetapi bagi perempuan yang memiliki payudara kecil hal ini tidak terlalu berpengaruh.

Mengalami Sakit Punggung

Punggung akan terasa sakit jika tidak pakai bra
Punggung akan terasa sakit jika tidak pakai bra/ Foto: Pexels/ Karolina Grabowska

Dampak selanjutnya jika tidak memakai bra selama berhari-hari yakni punggung akan terasa sakit dan postur tubuh akan memburuk, ini lebih mungkin menjadi masalah bagi perempuan yang memiliki payudara besar. Bagi perempuan yang berpayudara besar, memakai bra dapat membantu mengatasi sakit punggung, serta memperbaiki postur tubuh.

Karena payudara yang besar dan berat dapat memberikan tekanan berlebih pada otot-otot yang berada di bawah payudara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu. Dengan memakai bra, secara signifikan dapat meminimalkan ketegangan tersebut.

Timbul Stretch Mark

Stretch mark akan timbul jika lama tidak pakai bra
Stretch mark akan timbul jika lama tidak pakai bra/ Foto: Pexels/ Sora Shimazaki

Siapa bilang timbulnya stretch mark hanya terjadi jika setelah melahirkan dan mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang signifikan? Tidak mengenakan bra untuk waktu yang lama pun dapat menyebabkan stretch mark, lho. Mengutip laman Latestly, seperti yang kita ketahui bahwa bra dapat menopang payudara untuk mencegah terjadinya kerusakan. Jadi jika kamu melihat stretch mark pada payudara, itu artinya harus memakai bra yang nyaman.

Beauties, terlepas dari pro-kontra mengenai manfaat bra yang digunakan atau tidak, kembali lagi, penggunaannya pada tiap orang itu bergantung pada preferensi masing-masing.

Kamu bisa melepas bra sesekali dan memang jika diperlukan, tetapi memakai bra juga penting ketika melakukan aktivitas sehari-hari demi menghindari dampak negatif yang ditimbulkan.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id