sign up SIGN UP

LIFE

Tips Mengelola Tidur Selama di Rumah Aja Saat Pandemi

Munjidah Hamsa | Sabtu, 21 Nov 2020 13:30 WIB
Tips Mengelola Tidur Selama di Rumah Aja Saat Pandemi
Gangguan tidur bisa diatasi dengan tips mengelola tidur berikut ini/ sumber: freepik.com
Jakarta -

Selama pandemi, cemas dan stres merupakan hal yang wajar terjadi dan muncul. Hal ini dikarenakan pandemi membuat aktivitas yang biasanya normal menjadi tidak bisa atau terbatas dilakukan.

Ketika stres dan cemas berlangsung, beberapa mengalami gangguan atau hambatan terhadap beberapa atau satu aktivitas tertentu. Mulai dari konsentrasi dan fokus yang sulit dilakukan, hingga gangguan tidur.

Jika kamu mengalami gangguan tidur selama pandemi akibat stres dan cemas, kamu bisa meminimalisir gangguan tidur dengan beberapa tips yang akan Beautynesia jelaskan berikut ini.

Lakukan Teknik Relaksasi

Melakukan teknik relaksasi 10-15 menit sebelum tidur akan membantu tidur jadi lebih berkualitas.
Lakukan teknik relaksasi sebelum tidur/ sumber: freepik.com

Jika kamu mengalami gangguan tidur akibat cemas dan stres karena pandemi, kamu bisa coba mulai lakukan teknik relaksasi sebelum istirahat malam. Kamu bisa mulai dengan latihan pernapasan dalam atau deep breathing agar tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Selain itu kamu bisa mandi air hangat setiap sebelum tidur. Selain bisa membantu mengangkat sel kulit mati, tubuhmu akan merasa lebih nyaman untuk berangkat tidur setelah mandi.

Dengarkan musik yang relaxing selagi meditasi 10-15 menit sebelum tidur. Kualitas tidurmu akan membaik setelah tubuh kamu treat dengan baik setiap sebelum tidur.

Jaga Tempat Tidur Tetap Nyaman dan Bersih

Pastikan tempat tidur rapi, nyaman, dan bersih agar tidur jadi lebih berkualitas.
Tempat tidur nyaman dan bersih/ sumber: freepik.com

Cara lain agar kualitas tidurmu jadi membaik apabila kamu mengalami gangguan tidur akibat stres dan cemas adalah dengan memastikan tempat tidurmu nyaman dan bersih untuk digunakan sebagai tempat istirahat.

Pastikan setiap sebelum berangkat tidur, tempat tidurmu rapi, nyaman, dengan alas tidur yang bersih. Hal ini karena kebersihan dan kenyamanan tempat tidur sangat memengaruhi kualitas tidur.

Bergerak Aktif Lebih Sering di Pagi dan Siang Hari

Bergerak aktif di pagi dan siang hari akan membantu tubuh jadi lebih mudah lelah dan meminta untuk beristirahat dengan lebih nyenyak dan durasi yang sesuai.
Bergerak aktif di tengah hari/ sumber: freepik.com

Adanya pandemi membuat kita jadi lebih jarang bergerak karena harus lebih banyak stay di rumah. Bisa jadi, kamu malah lebih sering duduk dan berbaring selama di rumah meskipun dengan jam kerja yang tetap.

Untuk itu, penting bagimu untuk tetap bergerak aktif agar stres dan cemasmu berkurang. Dengan sedikit melakukan olahraga atau olah tubuh lainnya, tubuhmu jadi memerlukan waktu lebih lama untuk tidur sebagai pemulihan energi.

Pastikan kamu berolahraga di tengah hari dan bukan sebelum tidur agar tubuh bisa beristirahat pada durasi yang seharusnya.

Buatlah Rutinitas Tidur dan Terapkan dengan Rajin

Miliki rutinitas sebelum tidur untuk memberikan sinyal tubuh bahwa saat itulah waktu untuk beristirahat.
Miliki rutinitas sebelum tidur/ sumber: freepik.com

Memiliki rutinitas tertentu sebelum tidur adalah hal yang baik dilakukan. Hal ini agar tubuhmu mendapatkan sinyal bahwa saatnya untuk tidur telah tiba. Rutinitas yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengurangi screen time atau waktu melihat layar agar mata mendapatkan waktu untuk relaksasi sebelum tidur.

Jika kamu harus membaca sebelum tidur agar bisa rileks, pastikan kamu memilih buku atau alat baca digital yang tidak memancarkan radiasi terlalu kuat ke tubuh. And make sure to stick with the routine ya!

Itu dia tips yang bisa kamu terapkan untukmu yang sedang mengalami kesulitan tidur hingga gangguan tidur. Dengan menerapkan satu atau beberapa cara di atas, semoga tidurmu bisa kembali berkualitas dengan jam yang cukup. Yuk, sayangi tubuhmu dengan istirahat yang cukup ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id