sign up SIGN UP

Udah Diet Tapi Badan Masih Terasa Berat? Coba Detoks Tubuhmu!

Nubira Maisty | Minggu, 10 Oct 2021 23:17 WIB
Udah Diet Tapi Badan Masih Terasa Berat? Coba Detoks Tubuhmu!
caption
Pola makan sehat dan pola olahraga yang rutin adalah kunci dari diet.
Diet juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur/Sumber: Freepik.com

Jika sudah mendengar kata ‘diet’, hal pertama yang terbesit pasti adalah perempuan. Perempuan sangat identik dengan image diet karena mereka menjaga bentuk tubuh mereka bukan semata-mata agar tetap terlihat cantik namun juga untuk kesehatan. Tapi apakah kamu termasuk salah satu orang yang sudah melakukan diet namun badanmu masih terasa berat?

Kemungkinan besar, hal ini disebabkan karena tubuhmu masih perlu detoks. Detoks atau detoksifikasi adalah cara untuk membersihkan tubuh dari zat yang berlebihan mulai dari toksin, lemak, gula hingga kafein.

Manfaat yang dapat dirasakan setelah tubuh di detoks antara lain badan terasa ringan, pencernaan lancar, kulit akan lebih cerah dan bersinar hingga pola istirahatmu bisa menjadi lebih teratur. Lantas, bagaimana cara mendetoks tubuh?

Teh rooibos adalah teh herbal asal Afrika Selatan yang memilki banyak manfaat dan khasiat.
Teh Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Faktanya, terdapat beberapa cara untuk mendetoks tubuh mulai dari menggunakan obat hingga dengan cara alami. Untuk cara alami, ternyata kamu bisa mendetoks tubuhmu hanya dengan mengonsumsi sebuah teh herbal yang bernama teh rooibos.

Teh rooibos adalah teh herbal merah asal Afrika Selatan. Teh ini sangat terkenal karena manfaat dan khasiatnya. Yuk simak bagaimana teh rooibos ini mampu mendetoks tubuhmu!

Detoks dari Berat Badan Ekstra

Teh rooibos merupakan teh herbal yang rendah kalori, kaya akan tannin dan memiliki rasa manis alami. Teh rooibos mengandung dua jenis antioksidan yaitu Aspalathin & Nothofagin yang telah terbukti mampu menurunkan produksi kortisol tubuh.

Kortisol pada tubuh dapat menciptakan hormon-hormon yang memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak yang dapat menjadi penyebab berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang merugikan.

Detoks dari Gula

Selain dapat menaikkan berat badan, makanan manis juga dapat memicu penyakit diabetes.
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak baik untuk kesehatan/Sumber: Pexels.com

Ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuhnya menjadi resisten terhadap efek insulin untuk mengatur gula darah dan pada efek berkepanjangan hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, sindrom metabolik, resistensi insulin, hingga diabetes. Gula juga berubah menjadi lemak saat tidak digunakan dan menambah berat badan bahkan lebih berdampak negatif pada fungsi tubuh.

Ketika kita meminum teh khususnya teh yang memiliki rasa pahit seperti teh hitam, kita akan cenderung menambahkan gula untuk menghilangkan rasa pahitnya, tetapi teh rooibos memiliki rasa manis dan segar alami yang akan membuat kita tidak ingin menambahkan gula lagi. Teh rooibos juga sangat kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk  membantu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh gula dan makanan tidak sehat lainnya.

Detoks Rambut

Teh rooibos dapat menjadi salah satu cara untuk menyehatkan rambut secara alami.
Rambut sehat dengan teh rooibos/Sumber: Pexels.com

Tahukah kamu jika kamu mengonsumsi teh rooibos secara teratur, kamu dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Teh rooibos diperkaya dengan mineral seperti zinc, kalsium, tembaga dan kalium yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus memperkuat akar rambut. Kandungan antiinflamasi atau anti radang dari teh rooibos juga dapat membantu mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh kulit kepala kering atau ketombe.

Setelah membaca pemaparan di atas, bagaimana pendapatmu mengenai teh rooibos ini? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id