sign up SIGN UP

Insecure Perut Buncit? Tidak Lagi Setelah Kamu Melakukan Hal Ini!

Nubira Maisty | Minggu, 10 Oct 2021 12:30 WIB
Insecure Perut Buncit? Tidak Lagi Setelah Kamu Melakukan Hal Ini!
caption

Bagi beberapa orang, perut buncit merupakan permasalahan tubuh terbesar akibat dari penimbunan lemak di satu titik. Bagian tubuh satu ini memang cukup menjadi perhatian karena stigma ideal tubuh seseorang seringkali dikaitkan dengan bagian perutnya yang langsing atau tidak.

Faktanya, lemak pada tubuh seseorang tidak pernah tersebar secara merata melainkan menumpuk di beberapa bagian tubuh seperti perut dan paha. Lemak yang berada di daerah sekitar perut merupakan lokasi lemak yang paling membandel jika dibandingkan dengan lemak pada daerah tubuh lain.

Perut langsing dapat dipengaruhi oleh pola makan, olahraga dan hormon.
Perut Langsing/Unsplash.com

Lemak bagian perut khususnya bagian perut bawah merupakan sarang dari semua makanan tidak sehat yang telah kita konsumsi seperti makanan tinggi lemak, makanan manis, makanan berminyak hingga minuman beralkohol.

Lemak di daerah perut juga dikenal sebagai lemak yang paling sulit untuk dihilangkan, tidak hanya dengan rajin olahraga perut dan mengatur pola makan, penghilangan lemak di daerah perut juga hanya bisa dihilangkan apabila kita terhindar dari stress. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi perut buncit?

Rutin melakukan push up dapat mengatasi perut buncit.
Push Up untuk Mengatasi Perut Buncit/Sumber: Unsplash.com

Hal pertama tentu dengan mengurangi asupan makanan berlemak dan mengontrol makanan manis yang masuk ke dalam tubuhmu. Kamu juga wajib mengonsumsi air putih minimal 2 liter dalam satu hari untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kamu juga bisa merutinkan olahraga khususnya olahraga yang fokus pada bagian perut.

Akan tetapi, ada satu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan juga untuk mengatasi perut buncit yaitu kondisi mental dirimu yang akan berkaitan dengan hormon dalam tubuh.

Ketika kondisi mental seseorang sedang tidak baik atau seseorang merasa stress, tubuh orang tersebut akan memproduksi banyak hormon kortisol. Hormon kortisol atau biasa disebut sebagai hormon stress ini dapat memicu rasa lapar yang tinggi walaupun kondisi sebenarnya tubuh tidak memerlukan asupan makanan.

Kadar kortisol yang tinggi dalam tubuh akan berefek pada penimbunan lemak yang akan berdampak pada kenaikan berat badan dan perut buncit.

Solusi untuk mengatasi stress ini tentu kamu harus menyesuaikan dengan kondisi hidupmu saat ini. Kamu bisa mencoba beristirahat dari pekerjaanmu dan berlibur untuk menghilangkan stress. Khusus untuk kamu yang mengalami stress hingga tidak bisa tidur kamu wajib mencoba mengonsumsi teh herbal secara rutin. Teh herbal tersebut adalah teh rooibos.

Teh rooibos adalah teh merah asal Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Pexels.com

Teh rooibos dikenal sebagai teh yang mengandung magnesium yang bermanfaat sebagai obat penenang alami dan memiliki kemampuan untuk menekan jumlah hormon stress atau kortisol yang diproduksi tubuh manusia.

Sebuah penelitian di Amerika juga menyebutkan bahwa teh rooibos secara signifikan dapat mengurangi kadar kortisol karena mengandung dua jenis antioksidan yang bernama Aspalathin dan Nothofagin yang sangat tinggi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id