sign up SIGN UP

LIFE

Viral Bisa Menangkal Virus Corona, Apa Sebenarnya Manfaat Eucalyptus?

Retno Wulandari | Rabu, 08 Jul 2020 16:30 WIB
Viral Bisa Menangkal Virus Corona, Apa Sebenarnya Manfaat Eucalyptus?
caption

Belum lama ini eucalyptus mendadak menjadi perbincangan lantaran disebut sebagai salah satu bahan penangkal virus corona. Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini, ternyata eucalyptus sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman serbaguna yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Meringankan Asma

Manfaat eucalyptus
Meringankan Asma/Freepik.com

Kelenjar daun eucalyptus mengandung minyak aromatik yang mudah menguap dan dikenal sebagai minyak kayu putih atau eucalyptol. Kandungan pada eucalyptol inilah dapat memecah lendir pada orang yang memiliki riwayat penyakit asma atau sesak napas.

Meskipun dapat menurunkan dosis steroidasi pada beberapa orang yang memiliki kondisi asma cukup parah, terapi eucalyptol perlu mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari dokter.


2. Meredakan Batuk, Pilek, dan Flu

Manfaat eucalyptus
Meredakan Batuk, Pilek, dan Flu/Freepik.com

Kandungan aktif antibakteri, virus, dan jamur pada eucalyptus akan bertindak sebagai ekspektoran untuk mengurangi lendir. Karena manfaat inilah minyak eucalyptus dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan obat batuk, pilek, dan flu. Kehadiran eucalyptol dapat membantu mengurangi gejala pilek, seperti hidung tersumbat hingga peradangan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat eucalyptus
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh/Freepik.com

Manfaat lain dari minyak eucalyptus adalah merangsang respons sistem kekebalan fagositik terhadap pathogen. Fagositosis merupakan proses ketika sistem imun dalam tubuh menghancurkan partikel asing seperti virus dan bakteri yang berbahaya.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat eucalyptus
Mengurangi Nyeri Sendi/Freepik.com

Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan akibat penyakit pengapuran sendi (osteoarthritis) dan radang sendi (rheumatoid arthritis). Hal ini disebabkan oleh ekstrak eucalyptus yang bekerja sebagai pereda nyeri dan sekaligus bersifat analgesik. Permasalahan lain seperti nyeri otot, keseleo, radang sendi, dan sakit punggung juga bisa diatasi dengan mengoleskan salep yang mengandung eucalyptus.

5. Meringankan Sakit Kepala

Manfaat eucalyptus
Meringankan Sakit Kepala/Freepik.com

Eucalyptus mengandung senyawa anti-inflamasi seperti cineole dan limonene yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Oleh karena itu, hanya dengan menghirup atau mengoleskan minyak kayu putih dapat membantu meringankan sakit kepala. Selain bisa membuat rileks, aroma pada minyak kayu putih ini juga bisa membantu meredakan stres.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat eucalyptus
Mengontrol Gula Darah/Freepik.com

Daun eucalyptus sejak dulu dijadikan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional, salah satunya untuk pengobatan diabetes mellitus karena memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Meskipun ekstrak daun eucalyptus dapat menurunkan gula darah, untuk mengkonsumsinya tidak dianjurkan bersamaan dengan obat diabetes karena dapat menyebabkan gula darah turun drastis.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id