sign up SIGN UP

LIFE

Wah, Ini Dia Tips Ngemil Untuk yang Lagi Diet!

Rumaysha Milhania | Selasa, 08 Sep 2020 07:30 WIB
Wah, Ini Dia Tips Ngemil Untuk yang Lagi Diet!
caption
Jakarta -

Saat kamu mendengar kata "camilan", mungkin yang pertama akan terbayangkan adalah keripik kentang goreng, biskuit, popcorn, cookies, cake, es krim, atau coklat batangan dengan filling. Yum! Tidak heran jika kamu mengasosiasikan ngemil dengan penambahan berat badan yang signifikan. Padahal, ngemil tidak selalu berarti penambahan berat badan. Pasalnya, makanan ringan ini juga bisa menjadi asupan sehat yang mendorong diet lebih sukses jika dipilih dengan saksama. 

Padahal, ngemil tidak selalu berarti penambahan berat badan. Pasalnya, makanan ringan ini juga bisa menjadi asupan sehat yang mendorong diet lebih sukses jika dipilih dengan saksama.
Ngemil Sehat/ Sumber: Freepik.com

Faktanya, ngemil dapat menjadi bagian dari strategi penurunan berat badan, selama ngemil yang dilakukan itu proaktif , yaitu camilan yang bergizi alias memberikan asupan vitamin, mineral, dan nutrisi, bukan hanya kalori. Camilan ini juga bukan hanya memuaskan tetapi mengurangi rasa lapar sampai di waktu makan berikutnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips ngemil yang harus kamu tahu untuk mengurangi berat badan berlebih.

Cari Camilan Bernutrisi

Saat memilih snack, usahakan mencari pilihan snack yang mengandung nutrisi dengan ragam yang berbeda. Namun, pastikan untuk memilih camilan dengan kombinasi serat dan protein yang mendominasi. Saat kamu makan camilan yang tinggi serat dan protein, kamu akan cenderung tidak makan berlebihan setelahnya.

Sadari Asupan Kalori

Meskipun sangat penting untuk fokus pada kualitas camilan, kamu juga harus tetap memperhatikan kalorinya. Kamu tidak harus memilih camilan dengan kalori serendah mungkin, tetapi lebih berhati-hatilah dengan camilan dengan kalori yang terlalu tinggi. Beberapa pilihan yang direkomendasikannya untuk camilan rendah kalori adalah segenggam kacang, setengah cangkir edamame, dua sendok makan hummus dengan wortel, atau potongan buah dengan yogurt.

Kamu tidak harus memilih camilan dengan kalori serendah mungkin, tetapi lebih berhati-hatilah dengan camilan dengan kalori yang terlalu tinggi.
Camilan Sehat/ Sumber: Freepik.com

Jangan Pernah Membiarkan Tubuh Terlalu Lapar

Jangan menunggu sampai kamu kelaparan untuk memutuskan apa yang akan kamu makan untuk camilan. Rasa lapar akan membuat kamu lebih seenaknya dalam memilih makanan. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang menjadi salah satu cara tepat untuk mengendalikan berat badan yang berlebih. 

Kombinasikan Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Hindari produk yang dikemas dan diproses. Sebagai camilan, perbanyaklah asupan makanan utuh. Gunakan makanan ringan sebagai cara untuk mendapatkan semua kebutuhan nutrisimu. Jika kamu kurang suka makan sayur saat makan besar, mungkin ini akan menjadi lebih enak untuk disantap saat ngemil.

Luangkan Waktu Khusus untuk Makan

Sangat penting untuk bisa lebih mindful saat sedang makan atau ngemi. Jangan biarkan kamu makan makanan ringan sambil melakukan kegiatan lain, seperti menonton, membaca, atau belajar. Kebiasaan ini akan membuatmu tidak menyadari sudah sebanyak apa kamu makan. Alhasil badan akan menerima lebih banyak asupan daripada yang dibutuhkannya. Jangan heran jika kamu gagal terus saat diet.

Kebiasaan ini akan membuatmu tidak menyadari sudah sebanyak apa kamu makan. Alhasil badan akan menerima lebih banyak asupan daripada yang dibutuhkannya. Jangan heran jika kamu gagal terus saat diet.
Tips Ngemil Saat Diet/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap ngemil saat ingin menurunkan berat badan berlebih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id