sign up SIGN UP

LIFE

Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa

Hani Arifah | Rabu, 07 Apr 2021 19:30 WIB
Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa
Olahraga saat puasa Foto:pinterest/lingkarco
Jakarta -

Olahraga menjadi tren gaya hidup sehat yang sedang gencar dilakukan di masa pandemi ini. Diberlakukannya anjuran di rumah saja oleh pemerintah membuat aktivitas gerak kita berkurang. Sehingga olahraga menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Foto:pinterest/dailysia
Olahraga saat pandemi

Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan, dari olahraga ringan sampai olahraga berat. Manfaat dari olahraga sendiri sangat banyak. Di antaranya adalah menjaga kebugaran tubuh, menjaga berat badan, menguatkan otot dan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan lain-lain.

Ada tiga waktu terbaik untuk olahraga, yaitu pagi, sore, dan malam hari. Pagi ketika perut masih dalam keadaan kosong, sore saat suhu tubuh sedang ada dipuncaknya, dan malam ketika kamu sudah menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Lalu, kapan waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa?

Waktu terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa

Bulan puasa tidak menghalangi kita untuk menjaga tubuh tetap bugar dengan olahraga. Namun, saat puasa, tubuh kita mungkin lebih rentan mengalami dehidrasi. Untuk itu, perlu diperhatikan waktu, jenis, dan intensitas olahraga yang dilakukan di bulan puasa agar tetap aman. Berikut adalah waktu terbaik untuk berolahrga di bulan puasa.

Selepas Subuh

Olahragapagi selepas subuh
Foto:pinterest/eatthisnotthat
Olahraga pagi

Selepas Subuh menjadi salah satu waktu terbaik untuk berolahraga di bulan puasa. Pada waktu ini, tubuh kita sudah mendapat asupan nutrisi dan karbohidrat di waktu sahur. Selain itu, rasa haus yang timbul setelah berolahraga masih bisa diatasi oleh tubuh.

Beberapa olahraga yang bisa kita lakukan di pagi hari ketika sedang berpuasa adalah jogging dan bersepeda santai. Namun perlu diingat, olahraga yang kita lakukan juga harus dengan intensitas yang ringan agar tidak terjadi dehidrasi.

Sebelum berbuka

Olahraga sore sebelum berbuka puasa
Foto:pinterest/alignsomatic
Olahraga sore

Menjelang berbuka puasa juga merupakan waktu terbaik untuk olahraga, khususnya untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Berolahraga dalam kondisi perut kosong lebih efektif membakar lemak di dalam tubuh. 

Hindari olahraga berat agar tidak dehidrasi setelah berolahraga. Olahraga yang bisa dilakukan di antaranya adalah bersepeda dan jogging.

Malam Hari Setelah Berbuka

Olahraga malam setelah berbuka puasa
Foto:pinterest/indrabk
Olahraga malam

Waktu olahraga terbaik di bulan puasa selanjutnya adalah setelah berbuka puasa. Olahraga bisa kita mulai beberapa saat setelah berbuka puasa agar makanan yang kita konsumsi saat buka puasa sudah dicerna oleh tubuh. 

Olahraga yang bisa dilakukan pada malam hari setelah berbuka adalah jogging ringan, treadmill, dan bowling. Perhitungan juga waktu olahragamu agar tidak ada aktivitas fisik 2 jam sebelum tidur. 

Itu tadi waktu-waktu terbaik untuk olahraga di bulan puasa yang bisa kita lakukan. Tetap jaga kebugaran tubuh saat puasa, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id