sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 Grup Idol K-Pop Tertua yang Masih Aktif Hingga Sekarang, Penuh Pesona!

Jovita | Kamis, 17 Sep 2020 14:30 WIB
5 Grup Idol K-Pop Tertua yang Masih Aktif Hingga Sekarang, Penuh Pesona!
Grup K-Pop Tertua/ Foto: Soompi

Kebanyakan penggemar K-Pop tahu dengan "kutukan 7 tahun", di mana grup K-Pop biasanya bubar di tahun ke-7. Namun, beberapa di antara idol yang aktif saat ini, berhasil lolos dari kutukan tersebut dan membuktikan kecermelangan kariernya dengan berada di dunia K-Pop lebih lama dari 7 tahun.

5 grup idol K-Pop di bawah ini masih aktif hingga sekarang dan masih penuh pesona. Siapa saja?

Sechskies

Sechskies/ Foto: Soompi
Sechskies/ Foto: Soompi

Sechskies memulai debutnya dengan 6 member, yakni Jiwon, Jaejin, Jaeduck, Suwon, Sunghoon dan Jiyong. Mereka debut pada 15 April 1997 dengan lagu berjudul "School Anthem".


Meskipun grup ini resmi bubar 3 tahun setelah debut di tahun 2000, Sechskies bersatu kembali pada tahun 2016 dengan 5 member asli (semuanya kecuali Jiyong). Sechskies aktif sebagai grup idol dengan 5 member hingga Januari 2019, saat Sunghoon meninggalkan grup.

Termasuk waktu mereka dibubarkan, grup ini telah bersama selama 23 tahun, Ladies. Sechskies pun menjadi grup yang bertahan paling lama di industri K-Pop.

Shinhwa

Shinhwa/ Foto: Soompi
Shinhwa/ Foto: Soompi

Shinhwa memulai debutnya dengan 6 member yang sama hingga saat ini, yaitu Eric, Minwoo, Dongwan, Hyesung, Junjin, dan Andy. Mereka debut pada 9 Mei 1998 dengan lagu "Resolver".

Para grup idol K-Pop pada umumnya menjadikan Shinhwa sebagai panutan karena mereka berhasil tetap bersama dengan ke-6 member asli sejak debut. Ini tentu saja merupakan prestasi yang sangat mengesankan mengingat banyak grup K-Pop berakhir bubar, atau setidaknya ada member yang keluar.

Shinhwa telah bersama sebagai grup selama lebih dari 22 tahun. Para member pun kini menjalani karier masing-masing dan terus saling mendukung.

g.o.d

g.o.d/ Foto: Soompi
g.o.d/ Foto: Soompi

g.o.d memulai debutnya pada 13 Januari 1999 dengan lagu "To Mother", Ladies. Grup ini masih memiliki member asli, yakni Joon Park, Danny, Kyesang, Hoyoung dan Taewoo.

Meskipun g.o.d sempat hiatus pada tahun 2004 hingga 2014 untuk memberikan kesempatan bagi para member fokus pada aktivitas solo, mereka telah merilis album terbaru pada tahun 2019. g.o.d pun masih kuat sebagai grup setelah 21 tahun 8 bulan.

TVXQ

TVXQ/ Foto: Soompi
TVXQ/ Foto: Soompi

TVXQ memulai debutnya sebagai grup dengan 5 member yang terdiri dari U-Know, Changmin, Junsu, Jaejoong dan Yoochun. Mereka debut pada 26 Desember 2003 dengan lagu berjudul "Hug".

Grup ini bersama untuk waktu yang cukup lama, Ladies. Namun pada Januari 2011, 3 member memutuskan keluar dari grup untuk membentuk JYJ, meninggalkan TVXQ sebagai duo seperti sekarang ini. TVXQ sendiri telah bertahan selama 16 tahun sejauh ini.

Super Junior

Super Junior/ Foto: Soompi
Super Junior/ Foto: Soompi

Super Junior telah melalui banyak perubahan formasi member yang berbeda, baik dalam grup asli maupun subunit mereka. Grup besutan SM Entertaiment ini memulai debutnya pada tanggal 6 November 2005 dengan lagu "Twins (Knock Out)", dan awalnya memiliki 12 member, yakni Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum.

Member tambahan, Kyuhyun, kemudian bergabung dengan grup di tahun 2006. Jadi, Super Junior pun menjadi grup yang memiliki jumlah member terbesar dengan 13 orang.

Saat ini, line up Super Junior mencakup semua member, kecuali Hangeng, Kangin, dan Kibum, meskipun Sungmin sudah tidak aktif setelah pernikahannya. Terlepas dari semua perubahan ini, Super Junior terus berlanjut selama 14 tahun, 10 bulan, dan 7 hari.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id