sign up SIGN UP

5 Tips Daftar Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!

Sierra Muktisari | Senin, 30 Aug 2021 17:00 WIB
5 Tips Daftar Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu salah satu orang yang punya cita-cita untuk berkuliah di Negeri Ginseng? Selain karena negara ini terkenal dengan dunia entertainment, budaya, dan makanan khas-nya, banyak orang yang mempertimbangkan Korea Selatan sebagai destinasi pendidikan perguruan tinggi. Sebelum itu, kamu harus tahu 5 tips berkuliah di Korea!

1. Pelajari Bahasa Korea

Adegan drama SKY CastleAdegan drama SKY Castle/ Foto: soompi.com

Di Korea Selatan, para pelajar yang ingin mendaftar kuliah jenjang S1 diharuskan memiliki sertifikat atau nilai TOPIK (Test of Proficiency in Korean) sebagai syarat untuk mendaftar. Makanya, kamu perlu mempelajari bahasa Korea sejak awal, Beauties.

Untuk kamu yang belum tahu, TOPIK merupakan semacam tes seperti TOEFL dalam Bahasa Inggris.

2. Mempersiapkan Dokumen-Dokumen

Source: Instagram.com/jtbcdrama/Law SchoolSource: Instagram.com/jtbcdrama/Law School/ Foto: Instagram.com/jtbcdrama/Law School

Karena kamu ingin mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri, pastinya banyak dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah kamu memutuskan untuk mendaftar di satu universitas, pastikan persyaratan dokumen apa saja yang dibutuhkan, karena mempersiapkan dokumen memakan banyak waktu juga, Beauties.

Mulai dari formulir, sertifikat TOPIK, motivation letter, surat rekomendasi, dan masih banyak lagi.

3. Cari Info Beasiswa

5 Tips Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!5 Tips Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!/ Foto: soompi.com

Ternyata, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan program beasiswa bagi pelajar yang memenuhi syarat, lho, termasuk pelajar dari Indonesia! Untuk kamu yang ingin mendapat kemudahan dan keringanan biaya perkuliahan, kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai beasiswa kuliah di Korea Selatan.

Mulai dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) hingga KGSP (Korean Government Scholarship Program) juga menyediakan beasiswa untuk berkuliah di luar negeri, Beauties.

4. Persiapkan Mental

Adegan di drama The HeirsAdegan di drama The Heirs/ Foto: quiet.ly

Nah, hal yang satu ini penting banget! Meskipun kamu punya semangat dan passion untuk berkuliah di Korea Selatan, kamu tetap harus mempersiapkan mental, Beauties. Kemungkinan culture shock atau home sick pasti ada, apalagi kamu harus beradaptasi di negara lain dan lingkungan baru.

5. Cari Info Tempat Tinggal

5 Tips Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!5 Tips Kuliah di Korea Selatan, Nggak Ribet Kok!/ Foto: mydramalist.com

Kalau kamu kebetulan ingin berkuliah di Korea tanpa beasiswa, kamu harus mempertimbangkan mencari tempat tinggal, Beauties. Mencari tempat tinggal di Korea nggak mudah, karena banyak jenis tempat tinggal dan harus disesuaikan dengan jarak waktu ke universitas yang kamu tuju.

Jadi, usahakan untuk mencari informasi mengenai apartemen, office-tel, atau yang umumnya dihuni oleh pelajar seperti goshiwon (semacam rumah kost di Korea Selatan).

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu persiapkan sebelum berkuliah di Korea Selatan. Selamat mencoba, ya!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id