sign up SIGN UP

MAKE-UP

Mengenal Soft Sculpting: Teknik Contouring Baru yang Bikin Makeup Kamu Gak Terkesan Berat

Hijria Khatimi | Rabu, 23 Jun 2021 11:00 WIB
Mengenal Soft Sculpting: Teknik Contouring Baru yang Bikin Makeup Kamu Gak Terkesan Berat
caption

Ladies, dalam ber-makeup kamu pasti sering mendengar tentang teknik contouring, bukan? Contouring dilakukan untuk membentuk wajah agar lebih berdimensi dan proporsional, dengan memberikan ilusi bayangan di beberapa bagian wajah.

Jika biasanya contouring identik dengan riasan glamour yang terkesan berat, kini kamu bisa mendapatkan makeup natural dengan menerapkan teknik soft sculpting saat melakukan contouring

Melansir dari Vogue, soft sculpting merupakan teknik baru dalam contouring yang bertujuan mendapatkan wajah yang berdimensi namun tetap ringan dan natural. Teknik soft sculpting ini muncul seiring meningkatnya kesadaran untuk lebih mengutamakan skincare dibanding makeup.

Sehingga semakin banyak yang berpikir untuk menggunakan lebih sedikit makeup. Nah, berikut ini 5 tips menerapkan teknik soft sculpting yang bisa kamu coba!

1. Kenali Dahulu Wajahmu

Memahami bentuk wajah sebelum mencoba soft sculpting
Memahami bentuk wajah sebelum mencoba soft sculpting/freepik.com

Sebelum memulai contouring dengan teknik soft sculpting, tips pertama adalah mengenali bentuk wajah terlebih dahulu. Mario Dedivanovic, penata rias yang dijuluki King of Contour mengatakan, "Melakukan contouring dan highlighting bukanlah hal yang bisa diterapkan dengan teknik yang sama di semua bentuk wajah. Tentukan gaya seperti apa yang paling cocok untuk wajahmu, dan perhatikan pula perbedaan riasan di media sosial dengan riasan di kehidupan nyata."

2. Fokuskan Pada Area Pipi

Fokuskan teknik soft sculpting pada pipi
Fokuskan teknik soft sculpting pada pipi/freepik.com

Dalam melakukan contouring, banyak yang mengaplikasikannya tepat di bagian cekungan pipi. Namun, Dedivanovic mengingatkan bahwa cara tersebut dapat membuat makeup terlihat berat dan kurang natural. Untuk mengatasinya, ia menyarankan agar mengaplikasikannya sedikit di atas cekungan pipi. Lakukan gerakan ke arah atas ketika mengaplikasikannya untuk memberi efek wajah terlihat naik.

Dalam teknik soft sculptingcontouring pada area hidung dan rahang adalah bagian yang dihindari untuk makeup look di siang hari. Ini karena sinar matahari dapat membuat area tersebut terlihat terlalu mencolok, Ladies.

3. Cobalah Contouring Menggunakan Foundation

Foundation untuk lakukan teknik soft sculpting
Foundation untuk lakukan teknik soft sculpting/unsplash.com/iamhiteshdewasi

Teknik contouring tak hanya terbatas dilakukan dengan produk khusus seperti contouring stick atau contouring powder. Selain dengan produk-produk tersebut, kamu juga bisa melakukan contouring dengan foundation, lho. Contouring dengan foundation akan memberikan hasil akhir yang natural dikarenakan formula foundation biasanya lebih mudah menyatu dengan kulit.

Pilihlah foundation dengan shade setengah hingga satu tingkat lebih gelap dari warna kulitmu. Kemudian aplikasikan dengan brush atau beauty blender agar hasilnya lebih merata.

4. Tambahkan Blush On untuk Wajah Merona

Blush on lengkapi teknik soft sculpting
Blush on lengkapi teknik soft sculpting/pexels.com

Menambahkan blush on dapat memberikan tampilan wajah yang terlihat merona. Ketika menggunakan blush on, hindari mengaplikasikannya terlalu ke bawah agar tak membuat wajah terlihat kendur. Karena itu, aplikasikan blush on pada bagian apple of the cheeks dengan gerakan ke atas agar membuat wajah terkesan lebih kencang dan naik. Untuk hasil makeup yang lebih modern, kamu juga bisa mengaplikasikan blush on pada area dahi, hidung, dan dagu.

5. Tambahkan Efek Berkilau dari Dalam

Highlighting setelah menerapkan teknik soft sculpting
Highlighting setelah menerapkan teknik soft sculpting/freepik.com

Setelah melakukan contouring, biasanya akan dilanjutkan dengan highlighting. Tujuan dari highlighting adalah untuk memberikan kilau pada wajah dan membuat tampilan makeup lebih segar. Dedivanovic memberikan tips untuk mendapatkan kilau wajah natural, yaitu dengan menggunakan highlighter bertekstur krim. Produk bertekstur krim akan lebih mudah menyerap pada kulit, sehingga akan menciptakan efek kulit yang berkilau dari dalam.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id