sign up SIGN UP

Perubahan Iklim Itu Nyata! Inilah 4 Gerakan Sustainable dalam Dunia Kecantikan, Sudah Kamu Lakukan?

Nisrina Salsabila | Selasa, 21 Sep 2021 07:30 WIB
Perubahan Iklim Itu Nyata! Inilah 4 Gerakan Sustainable dalam Dunia Kecantikan, Sudah Kamu Lakukan?
Foto: Inilah 4 Gerakan Sustainable dalam Dunia Kecantikan/Pexels.com/Thirdman

Masalah perubahan iklim sudah terpampang jelas di depan mata. Ironisnya, tren skincare memunculkan permasalahan sampah bagi lingkungan alam. Sampah kemasan plastik yang tidak bisa didaur ulang akan berakhir menggunung di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan butuh ratusan tahun untuk terurai.

Gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living hadir dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif dari sampah plastik dan hal-hal lain yang membahayakan kelestarian bumi. Kita bisa menerapkan cara hidup berkelanjutan yang mudah dilakukan oleh semua kalangan dari aspek kecantikan, loh. Nantinya, kamu bisa menyadari kebutuhan penggunaan produk kecantikan dan meminimalisir gaya hidup konsumtif.

Yuk Beauties, bersama-sama kita lakukan langkah berkelanjutan, sesederhana dimulai dari meja rias kita! Inilah 4 gerakan sederhana yang ternyata berdampak besar. Simak yuk!

1. Memilah Sampah Produk Kecantikan

sustainable living
Memilah sampah plastik produk kecantikan/Foto: Pexels.com/SHVETS Production

Coba kumpulkan sampah produk kecantikan sekali pakai yang kamu gunakan selama 1-3 bulan. Wow, kamu akan kaget dengan banyaknya sampah yang kamu hasilkan dari produk skincare dan makeup.

Mulai sekarang, lakukanlah 3 hal ini: kumpulkan, bersihkan, dan pisahkan sampah yang bisa dipakai kembali.

Kumpulkan dan pisahkan sampah sesuai kategori, yaitu plastik dan non plastik di tempat berbeda. Untuk sampah kemasan plastik, lepaskan labelnya lalu bersihkan.

Pisahkan kemasan produk plastik yang bisa digunakan kembali sebagai wadah skincare untuk traveling, maupun sebagai wadah penyimpanan barang lainnya.

Untuk sampah yang tidak bisa dipakai lagi, buang ke dropbox sampah sesuai kategorinya. Kamu juga bisa mengembalikan kemasan kosong produk kecantikanmu ke store brand yang bersangkutan untuk program daur ulang.

2. Beralih ke Barang-barang Reusable dan Ramah Lingkungan

sustainable living
Alat-alat kecantikan/kesehatan yang ramah lingkungan/Foto: Pexels.com/Sarah Chai

Zero waste kit adalah seperangkat alat yang digunakan untuk menunjang usaha kita dalam meminimalisir sampah. Tujuannya, kamu bisa menggunakan barang yang kamu punya tanpa harus membeli lagi.

Dalam dunia kecantikan, zero waste kit dapat berupa reusable cotton pad, cotton bud bambu, loofah atau shower puff ramah lingkungan, kuas makeup gagang kayu, sisir kayu, dan pembalut kain. Ssst, bila dihitung-hitung ternyata cara ini jauh lebih ekonomis, loh!

3. Menggunakan Produk Kecantikan Berkelanjutan

sustainable living
Produk kecantikan berkelanjutan dari La Natura/Foto: Instagram.com/lanatura.jkt

Konsep sustainable beauty tidak semata-mata berkaitan dengan kemasan minim plastik. Lebih dari itu, produknya juga mesti mempertimbangkan pemilihan kandungan bahan-bahan dan kemasan pengiriman barang yang berkelanjutan tanpa merusak lingkungan.

Contoh brand perawatan tubuh dan makeup yang mulai menerapkan sustainable beauty di antaranya ada Love Beauty and Planet, Sukin, The Body Shop, Oriflame Love Nature, Bio Talk Natural Handmade Soap, dan La Natura Deodoran Alami.

Selain itu, ada pula brand yang turut berkontribusi dalam program daur ulang pada poin pertama, seperti By Lizzie Parra/BLP, The Body Shop, Garnier, Innisfree, dan Sensatia Botanicals. Kedepannya, semoga akan lebih banyak brand lokal yang mengusung konsep sustainable beauty ya, Beauties!

4. Bagikan Kampanye Sustainable Living di Media Sosial

sustainable living
Kampanye gerakan ramah lingkungan di media sosial/Foto: Pexels.com/Thirdman

Tak dipungkiri, media sosial saat ini membawa pengaruh besar bagi gaya hidup anak-anak muda. Kamu dapat memanfaatkan media sosial apapun yang kamu punya untuk mengampanyekan sustainable living.

Jangan sungkan untuk membagikan unggahan edukasi tentang tips dan contoh bentuk sustainable living dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada artikel ini.

Ingat Beauties, perubahan besar bisa dimulai dari langkah kecil, yakni diri sendiri! Dari daftar di atas ada yang sudah kamu lakukan? Atau baru ingin melakukannya? Tidak ada yang terlambat jika belum memulai, maka ayo lakukan sekarang ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id