sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tentukan Undertone dengan Mudah Melalui 5 Langkah Ini!

Fahira mahza | Kamis, 27 May 2021 08:00 WIB
Tentukan Undertone dengan Mudah Melalui 5 Langkah Ini!
caption

Penampilan merupakan hal yang sangat diperhatikan di era saat ini. Penampilan yang baik dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri. Salah satu hal yang dapat mendukung penampilanmu yaitu dengan menggunakan make up.

Karena itu, saat ini industri kecantikan berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk make up. Salah satu produk make up yang banyak digemari yaitu base make up seperti cushion, foundation, dan BB cream. Base make up sangat digemari karena dapat menutupi noda-noda di wajah. Namun, terkadang pemilihan base make up yang kurang tepat dapat merusak penampilanmu loh.

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pemilihan base make up yaitu salah memilih undertone. Nah bagi kamu yang masih bingung memilih undertone kulitmu, yuk simak cara memilih undertone base make up yang tepat untuk kulit wajahmu. 

1. Melihat Warna Urat Nadimu

Melihat warna nadimu
Melihat warna nadimu/foto: bronzeandbougie.com

Tiap orang memiliki undertone kulit yang berbeda-beda. Salah memilih undertone pada penggunaan base make up mu akan membuat penampilanmu akan terlihat buruk. Karena itu, kamu harus mengetahui undertone kulitmu dengan tepat.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan melihat warna urat nadimu. Apabila warna urat nadimu berwarna biru keunguan, maka dapat dipastikan kamu memiliki kulit dengan jenis cool undertone. Apabila kamu memiliki urat nadi berwarna kehijauan, maka dapat dipastikan kamu memiliki jenis kulit warm undertone. Namun, apabila kamu memiliki warna urat nadi hijau kebiruan, maka jenis kulitmu adalah neutral undertone. 

2. Menggunakan Bantuan Perhiasan 

Menggunakan bantuan perhiasan
Menggunakan bantuan perhiasan/foto: freepik.com

Perhiasan merupakan sesuatu yang umumnya digemari wanita untuk menunjang penampilan. Di samping dapat menunjang penampilan menjadi semakin trendy, perhiasan juga dapat digunakan untuk melihat jenis undertone kulitmu loh.

Caranya dengan melihat ketika kamu memakai perhiasan. Jika saat memakai perhiasan berwarna emas kulitmu terlihat cerah, maka dapat dikatakan kamu memiliki jenis kulit warm undertone. Apabila saat memakai perhiasan berwarna perak kulitmu terlihat cerahm maka jenis undertone kulitmu adalah cool undertone. Namun, ketika kulitmu terlihat cerah memakai kedua jenis perhiasan tersebut, maka dapat dikatakan kamu memiliki kulit dengan jenis neutral undertone. 

3. Menggunakan Bantuan Kertas Putih 

Menggunakan bantuan kertas putih
Menggunakan bantuan kertas putih/foto: missheadtotoe.com

Kertas putih merupakan salah satu benda yang dimiliki oleh semua orang untuk menulis. Selain dapat digunakan untuk menulis, kertas putih juga dapat digunakan untuk melihat jenis undertone kulitmu loh. Caranya mudah banget nih, kamu cukup berdiri di depan kaca, lalu menempelkan kertas putih pada area wajah atau lehermu.

Jika kulitmu nampak kekuningan, maka undertone kulitmu adalah warm. Jika kulitmu terlihat berwarna pink, maka undertone kulitmu adalah cool. Namun, apabila kulitmu terlihat olive serta keabu-abuan, maka undertone kulitmu adalah neutral. 

4. Sesuaikan dengan Warna Matamu

Sesuaikan dengan warna matamu
Sesuaikan dengan warna matamu/foto: freepik.com

Warna bola mata tiap orang berbeda-beda. Dengan melihat warna bola mata, kamu dapat menentukan jenis undertone kulitmu loh. Biasanya seseorang yang memiliki bola mata berwarna coklat tergolong memiliki warm undertone. Apabila seseorang memiliki bola mata berwarna keabu-abuan, tergolong memiliki cool undertone. Namun, jika memiliki bola mata yang sulit diidentifikasikan, maka tergolong memiliki neutral undertone.  

5. Perhatikan Warna Alami Rambutmu

Perhatikan warna rambutmu
Perhatikan warna rambutmu/foto: freepik.com

Rambut merupakan salah satu aset penting yang dapat menunjang penampilan seseorang. Selain dapat menunjang penampilanmu agar terlihat menarik, warna alami rambut dapat digunakan untuk menentukan jenis undertone kulitmu loh. Biasanya orang yang memiliki warna rambut alami hitam dengan sedikit tone gold, maka kulitmu dapat dikatakan warm undertone. Apabila kamu memiliki warna rambut alami keabuan, maka dapat dikatakan undertone kulitmu adalah cool undertone. Namun, jika kamu memiliki warna rambut alami di antara keduanya, maka kulitmu dapat dikatakan memiliki jenis neutral undertone. 

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan undertone kulitmu. Mudah bukan cara menentukannya. Dengan memilih undertone make up yang tepat maka  penampilanmu akan terlihat semakin sempurna. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id