sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Perawatan Rambut yang Tepat Bagi Wanita Berhijab

Anindya Milagsita | Rabu, 24 Mar 2021 17:00 WIB
5 Perawatan Rambut yang Tepat Bagi Wanita Berhijab
caption

Bagi wanita berhijab, merawat rambut harus lebih diperhatikan karena butuh treatment khusus untuk melakukannya, Ladies. Tak boleh disepelekan karena merawat rambut berhijab penting dilakukan untuk memastikannya tetap dalam kondisi sehat meski tertutup seharian.

Buat kamu para hijabers, yuk cari tahu cara perawatan rambut hijab yang tepat. Simak berbagai tipsnya lewat artikel berikut!

1. Pakai Hair Tonic Setelah Keramas

Memakai hair tonic setelah keramas.
Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers/sumber: freepik.com/

Mencuci rambut secara rutin jadi kunci dalam perawatan rambut hijab, Ladies. Tak berhenti sampai di situ, kamu bisa menambahkan rutinitas memakai hair tonic untuk merawat kesehatan rambut.

Ada berbagai manfaat baik yang bisa kamu dapatkan setelah mengaplikasikan produk ini. Seperti mencegah timbulnya kerontokan, mengurangi ketombe, menutrisi, sekaligus mengontrol produksi minyak di rambut.

2. Pastikan Rambut dalam Kondisi Kering

Memastikan rambut dalam kondisi kering setelah keramas.
Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers/sumber: freepik.com/

Nah, untuk tips yang satu ini seringkali diabaikan oleh wanita berhijab, Ladies. Setelah melakukan rutinitas keramas, terkadang rambut belum sepenuhnya kering tapi tetap dipakaikan hijab.

Kebiasaan ini justru memicu bau yang tak sedap, munculnya ketombe, bahkan memicu gatal di bagian kulit kepala lho. Sebagai langkah merawat rambut berhijab, pastikan setelah keramas rambut dalam kondisi yang kering ya.

3. Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Memilih bahan hijab yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut.
Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers/sumber: freepik.com/

Cara perawatan rambut hijab selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memilih bahan hijab itu sendiri. Memilih hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat jadi salah satu poin penting dalam merawat rambut berhijab lho.

Tak hanya memilih bahan yang cenderung dingin dan mudah menyerap keringat, jangan terlalu sering memakai hijab berwarna gelap. Warna gelap yang cepat menyerap cahaya matahari, bisa menyebabkan lembap di area kepala dan juga rambut.

[Gambas:Instagram]

4. Rutin Istirahatkan Rambut

Mengistirahatkan rambut saat tidak memakai hijab.
Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers/sumber: freepik.com/

Setelah seharian beraktivitas memakai hijab, saat berada di rumah kamu bisa memberikan ruang bagi rambut untuk beristirahat, Ladies. Mengistirahatkan rambut tak hanya dengan melepas hijab saja. Tapi juga membiarkannya bernapas dengan tidak mengikatnya.

Tips merawat rambut berhijab yang satu ini tak boleh dilewatkan lho. Kamu bisa memberikan waktu yang cukup bagi rambut untuk beristirahat. Dengan membiarkan rambut tergerai, sirkulasi udara di area kepala pun lebih bebas.

5. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak

Memilih makanan bergizi dan rendah lemak.
Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat perawatan rambut hijab tak cukup dilakukan dari luar saja, Ladies. Kamu juga harus merawatnya dari dalam. Salah satu langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak.

Pilih makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan zat besi untuk memberikan nutrisi cukup bagi rambut. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan yang bagus untuk rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id