sign up SIGN UP

5 Kesalahan Fengshui yang Harus Dihindari Saat Memilih Rumah Baru

Cynthia Claudia | Minggu, 08 Aug 2021 06:30 WIB
5 Kesalahan Fengshui yang Harus Dihindari Saat Memilih Rumah Baru
caption

Ilmu fengshui rumah telah diturun-temurunkan dari jaman kekaisaran Tiongkok hingga saat ini. Tujuan dari penerapan fengshui adalah untuk menghasilkan energi yang seimbang bagi penghuni rumahnya.

Mungkin kalian pernah mendengar bahwa ada beberapa ‘peraturan’ di perilmuan fengshui yang menyatakan bahwa ketika membangun rumah baru sebaiknya menghindari membangun lorong sempit  yang panjang di dalam ruangan.  Lorong sempit yang panjang ini berpotensi memancarkan energi stagnan (Si Chi) dan energi terburu-buru (Sa Chi) sehingga tidak seimbang.

Menghindari aspek-aspek fengshui rumah baru yang negatif seperti ini dipercaya dapat menyeimbangkan energi penghuninya sehingga kehidupannya di dalam rumah dalam segi membangun hubungan, karier, usaha, dan lain-lain baru pun bisa lebih baik. Apa saja aspek lainnya yang harus diperhatikan ketika membangun/ memilih rumah baru?  

Kamar Tidur di Lantai 2 yang Terletak di Atas Garasi

Ilustrasi kamar mandi untuk fengshui
Ilustrasi kamar tidur untuk fengshui/ Foto: Pexels/ Max Vakhbovych

Ketika kalian memiliki rumah atau bangunan apa pun yang memiliki 2 lantai, sebaiknya hindari membangun kamar tidur yang letaknya di atas garasi. Menurut fengshui rumah baru, hal ini akan memancarkan energi tidak stabil dari garasi yang mengarah ke kamar tidur di lantai 2. Garasi pasalnya adalah ruangan untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai lagi sehingga dapat memancarkan energi yang tidak stabil.

Energi ini akan mempengaruhi kualitas tidur para pemilik rumah baru itu. Ketika kita baru saja menempati rumah baru dan merasa bahwa kualitas tidur tidak baik sejak pindah, maka otomatis kita tidak nyaman tinggal di rumah tersebut.

Tangga Menghadap Pintu Utama

Ilustrasi tangga untuk fengshui
Ilustrasi tangga untuk fengshui/ Foto: Pexels/ Cottonbro

Pintu utama disebut sebagai “The Mouth of Chi” dalam ilmu fengshui dan berperan untuk menyerap energi chi. Letak tangga yang mengikuti fengshui rumah sebaiknya tidak menghadapi pintu utama tersebut.

Ketika tangganya menghadap pintu utama, maka energi fengshui akan mengarah ke lantai yang lebih rendah ataupun lebih tinggi. Maka dari itu, energi fengshui tidak akan terpancarkan di lantai utama. Hal yang kita harapkan adalah energi ini terpancarkan di lantai utama untuk meningkatkan keberuntungan.

Letak Tangga di Tengah

Ilustrasi tangga untuk fengshui
Ilustrasi tangga untuk fengshui/ Foto: Pexels/ Jonathan Borba

Ketika mendirikan bangunan apa pun tidak hanya rumah, maka tangga letaknya tidak boleh berada di tengah. Alasannya adalah ketika posisi tangga berada di tengah rumah, maka memerlukan ilmu fengshui khusus untuk menyeimbangkan energi yang terpancarkan di dalam bangunan.

Meskipun tangganya telah diubah desainnya maupun warnanya, hal tersebut tidak akan mempengaruhi perubahan energi fengshui di dalam bangunan.

Letak Kamar Mandi di Tengah

Ilustrasi kamar mandi untuk fengshui
Ilustrasi kamar mandi untuk fengshui/ Foto: Pexels/ Christa Gover

Menurut ilmu fengshui rumah, letak kamar mandi di tengah juga dianggap buruk karena jantung di dalam ruangan fengshui yang disebut sebagai Yin and Yang letaknya adalah di tengah ruangan. Yin and Yang dianggap sebagai pusat rumah dan harus dibiarkan kosong, terbuka, dan dipenuhi rasa kedamaian.

Menurut paparan para konsultan fengshui, pusat rumah menerima energi fengshui paling banyak dibandingkan daerah rumah lainnya sehingga harus diperhatikan dengan baik peletakan ruangannya.

Kamar Mandi Menghadap Pintu Utama

Ilustrasi kamar mandi untuk fengshui
Ilustrasi kamar mandi untuk fengshui/ Foto: Pexels/ Ksenia Cheraya

Sama seperti letak tangga yang sebaiknya tidak menghadap pintu utama, kamar mandi juga disarankan mengikuti hal yang sama. Kamar mandi yang menghadap pintu utama menyebabkan energi yang dipancarkan dari pusat rumah akan mengarah ke kamar mandi. Ketika energi ini mengarah ke kamar mandi, maka energi ini dikatakan tidak bisa menjaga rumah dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id