sign up SIGN UP

5 Tips Fengshui Dapur agar Keluarga Harmonis dan Rezeki Berlimpah

Dian Aprilia | Kamis, 05 Aug 2021 23:30 WIB
5 Tips Fengshui Dapur agar Keluarga Harmonis dan Rezeki Berlimpah
caption

Dapur termasuk salah satu ruang yang cukup vital dalam rumah. Sebab dapur berfungsi sebagai tempat memasak dan memasok nutrisi untuk seluruh anggota keluarga. Untuk itu kenyamanan dan kebersihannya harus selalu terjaga agar bisa memberikan kualitas makanan dan minuman yang bergizi untuk anggota keluarga.

Dalam fengshui, dapur mempengaruhi keharmonisan rumah tangga, rejeki dan juga kesehatan. Berikut beautynesia.id telah merangkum fengshui dapur agar keluarga harmonis.

Sirkulasi Udara yang Baik

Fengshui dapur
Fengshui dapur/pexels.com/Curtis Adams

Fengshui dapur yang pertama adalah mengatur agar sirkulasi udara di dapur baik saat sedang memasak. Hal ini bisa membuat energi dalam rumah jadi berkualitas dan bersih untuk kesehatan.

Jadi usahakan agar asap dari proses memasak tidak menyebar dan mengendap di seluruh atau sebagian rumah. Sebab hal ini bisa mencemari kualitas energi di rumah dan tak sesuai fengshui rumah. Pastikan kamu memperhatikan fengshui ini sebelum membeli atau membangun rumah.

Posisi Kompor Dekat Jendela

Fengshui dapur
Fengshui dapur/pexels.com/Curtis Adams

Selanjutnya fengshui dapur juga perlu memperhatikan posisi kompor. Usahakan meletakkan kompor di dekat jendela atau hood/exhaust yang bisa membuat asap memasak cepat keluar dari rumah.

Fengshui dapur juga menganjurkan agar saat seseorang memasak, pintu dan jendela perlu dibuka. Bila perlu nyalakan kipas angin dan juga exhaust agar bisa mendorong asap cepat keluar.

Fengshui dapur nomor 1 dan 2 ini membuat anggota keluarga terhindar dari masalah kesehatan akibat asap memasak. Selain itu, asap memasak juga bisa memicu emosi dan ketidaknyamanan ketika mengolah makanan.

Letak Kompor dan Wastafel

Fengshui dapur
Fengshui dapur/pexels.com/Skitterphoto

Fengshui rumah selanjutnya adalah tidak meletakkan kompor dan wastafel berdekatan, berseberangan atau sebarisan. Hal ini disebabkan, api dan air adalah elemen yang berlawanan. Sehingga diyakini bisa memicu konflik jika terletak berdekatan.

Apabila terlanjur berada dalam satu baris, sebaiknya pisahkan dalam jarang yang cukup atau beri pembatas. Salah satu contoh sederhana peletakan kompor dan wastafel adalah dengan pola L. Jadi meski dekat, ada jarak di antara keduanya.

Tidak Menghadap Pintu

Fengshui dapur
Fengshui dapur/pexels.com/Max Vakhtbovych

Fengshui rumah berikutnya adalah tidak memposisikan dapur menghadap pintu. Fengshui rumah meyakini bahwa dapur yang terlihat jelas dari pintu masuk, maka bisa mengganggu keharmonisan keluarga.

Apabila bangunan rumahmu tidak sesuai dengan fengshui dapur tersebut, kamu bisa memberikan penyekat di antara dapur, spesifiknya pada posisi kompor. Jadi bagian kompor tidak terlihat langsung dari luar.

Tidak Menyatukan Dapur dengan Meja Makan

Fengshui dapur
Fengshui dapur/pexels.com/Rene Asmussen

Terakhir, fengshui dapur menganjurkan agar dapur tidak disatukan dengan meja makan. Hal ini disebabkan menyatukan dapur dengan meja makan bisa merusak keberuntungan hidup penghuni karena penyakit.

Saat memasak, asap akan mencemari dan mengganggu kesehatan keluarga. Jika sudah telanjur, maka kamu bisa memindahkan meja makan ke ruang tamu atau spot lain di luar dapur.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id