sign up SIGN UP

LIFE

7 Tips Sederhana Mengusir Rasa Kantuk saat Bekerja

Ratih Dewi | Kamis, 14 Jan 2021 08:30 WIB
7 Tips Sederhana Mengusir Rasa Kantuk saat Bekerja
caption

Walaupun sudah memastikan jam tidur dimalam hari sudah cukup untuk beraktivitas esok harinya, terkadang kita masih suka merasakan kantuk tiba-tiba terutama siang hari dan menjelang sore hari. Rasa kantuk juga muncul karena berbagai alasan seperti faktor makanan, kurangnya oksigen di otak, rendahnya gula darah, dan masih banyak lagi. 

Buruknya lagi, jika rasa kantuk itu datang saat kita sedang bekerja, memiliki deadline, di tengah rapat, pasti sangat mengganggu dan bisa berpengaruh ke produktivitas kita selama bekerja. Nah, untuk menghindarinya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kantuk sedang melanda. Apa saja sih tipsnya? 

Minum Air Mineral

Minum Air Mineral
Minum Air Mineral/Foto : freepik.com

Salah satu faktor yang menyebabkan mengantuk adalah kurangnya oksigen di otak, kamu bisa minum air mineral secukupnya supaya aliran darah menjadi lancar dan sampai ke otak sehingga bisa mengurangi rasa kantuk. Kamu bisa minum air mineral yang dingin untuk memberikan rasa segar di tenggorokan dan membuat kamu lebih fresh juga dan siap untuk lanjut bekerja. 

Olah Raga Kecil 

Melakukan Olahraga atau Peregangan Kecil
Melakukan Olahraga atau Peregangan Kecil/Foto : freepik.com

Lakukan olah raga atau peregangan kecil yang bisa kamu lakukan di meja kerja kamu untuk membuat badan lebih segar dan tidak lemas. Kalau ada tangga kamu bisa naik turun tangga selama 3-5 menit untuk memanaskan tubuh kamu dan mengurangi rasa kantuk. Jika tidak ada, kamu bisa jalan-jalan kecil di area lantai kantor untuk menghilangkan rasa kantuk dan tubuh menjadi tidak lemas.

Mencuci Wajah

Mencuci Wajah
Mencuci Wajah/Foto : freepik.com

Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan mencuci wajah jika rasa kantuk sudah menyerang. Basuh wajah dengan air dingin supaya rasa kantuknya hilang dan terasa lebih segar setelah wajah dibasuh dengan air dingin. Tidak perlu mencuci muka berkali-kali, secukupnya saja sampai rasa kantuknya hilang. 

Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik
Mendengarkan Musik/Foto : freepik.com

Dengarkan musik yang memberikan semangat untuk diri kamu. Mendengarkan musik selain untuk menghilangkan rasa kantuk juga bisa memberi semangat untuk bekerja lebih produktif lagi. Jika kamu suka lagu pop bisa dengarkan lagu pop, k-pop, jazz, atau lainnya yang membuat lebih semangat. 

Minum Teh Herbal

Minum Teh Herbal
Minum Teh Herbal/Foto : freepik.com

Minum teh herbal seperti teh hijau atau teh dari bunga yang diseduh juga bisa membantu tubuh kamu menjadi lebih rileks, membuat diri kamu menjadi lebih tenang, sehingga rasa kantuk lama-lama menjadi memudar. Selain itu, konsumsi teh herbal setiap hari juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kamu. 

Mengobrol dengan Teman

Mengobrol dengan Teman
Mengobrol dengan Teman/Foto : freepik.com

Carilah teman megobrol jika rasa kantuk sudah mulai datang. Mengobrol dengan temanmu membahas tentang sesuatu bisa mengalihkan rasa kantuk yang mulai menyerang. Kamu juga bisa mengobrol dengan temanmu di meja lainnya yang membuat kamu sambil berjalan-jalan kecil, bisa meminjam sesuatu, menawarkan cemilan, atau lainnya.  

Tempat Kerja Cukup Cahaya

Tempat Kerja Cukup Cahaya
Tempat Kerja Cukup Cahaya/Foto : freepik.com

Pastikan tempat kerja kamu terkena cahaya yang cukup terang, jika tempat kerja kamu redup atau kurang cahaya, membuat kamu merasa cepat mengantuk. Jadi, pastikan tempat kerja kamu cukup cahaya yang terang atau pindah sementara ke tempat yang cahayanya cukup terang untuk mengusir rasa kantuk. 

Itu dia Ladies tips sederhana yang bisa kamu lakukan di Kantor untuk mengusir rasa kantuk yang tiba-tiba datang, semoga membantu! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id