sign up SIGN UP

LIFE

Apa Itu Crystal Healing dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 18 Oct 2020 08:00 WIB
Apa Itu Crystal Healing dan Manfaatnya untuk Kesehatan?
Foto: Instagram.com/canggucrytals

Belakangan ini, istilah crystal healing memang santer terdengar. Menjadi salah satu teknik penyembuhan yang terbilang kuno namun bisa kembali eksis di zaman sekarang ini merupakan salah satu daya tariknya.

Tidak hanya itu, sejumlah klaim manfaat pun turut menyertainya. Tidak heran jika rasa penasaran masyarakat semakin tinggi terhadap crystal healing ini. Lantas, apa sih sebenarnya crystal healing itu dan apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Crystal Healing?

Crystal healing adalah sebuah teknik penyembuhan alternatif, mental, meditasi, intuisi yang mengarah pada psikis seseorang
Crystal healing/freepik.com

Crystal healing adalah sebuah teknik penyembuhan alternatif, mental, meditasi, intuisi yang mengarah pada psikis seseorang. Seperti namanya, crystal healing ini menggunakan batuan berjenis kristal sebagai medium penyembuhan. Sebagaimana yang diketahui bahwa ada banyak jenis batu-batuan di dunia ini yang tergolong kristal sehingga turut bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk crystal healing.


Namun sayangnya, crystal healing yang pada dasarnya menggunakan medium batuan untuk penyembuhan memang kerap dikaitkan dengan hal berbau mistis. Terlebih lagi, hal ini dirujuk pada kebiasaan orang-orang kuno yang menggunakan batu sebagai sarana yang mengarah pada hal-hal magic dan gaib. Sedikit banyaknya, hal tersebut memang masih ada sampai sekarang meskipun zaman sudah semakin modern.

Cara Kerja Crystal Healing

Energi yang terserap ini selanjutnya bisa dipancarkan dan sifatnya stabil sehingga mampu membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit.
Crystal healing/freepik.com

Agar tidak salah kaprah tentang hal-hal mistis yang terkadang masih dikaitkan dengan teknik penyembuhan crystal healing ini, maka perlu ditelusuri terlebih dahulu melalui penjelasan ilmiah. Untuk itu pula, mengetahui cara kerja crystal healing yang sebenarnya adalah kunci utama.

Pada dasarnya, setiap batu pertama yang asli memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai macam energi dari alam, baik itu dari komponen seperti bulan, matahari, panas bumi dan lain sebagainya. Selain itu, energi lain yang juga bisa diserap ialah kadungan mineral yang secara alamiah dimiliki oleh batuan.

Energi yang terserap ini selanjutnya bisa dipancarkan dan sifatnya stabil sehingga mampu membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Sebelum zaman menjadi modern seperti sekarang ini, di tahun 1800, para pakar sudah mencoba membuktikannya secara ilmiah melalui pengujian lab.

Dari hasil pengujian itu, dapat diketahui bahwa ada efek Piezoelektrik dan Piroelektrik yang bersifat saling mempengaruhi dengan vibrasi energi dalam tubuh. Nah, ketika tubuh mengalami gangguan, semisal terkena penyakit tertentu, maka energi dari kristal inilah yang akan membantu menstabilkan kembali energi tubuh sehingga penderitanya bisa sehat kembali.

Manfaat Crystal Healing

beberapa manfaat yang bisa diberikan antara lain menghilangkan racun dari dalam tubuh, memaksimalkan fungsi organ, membersihkan darah
Crystal healing/freepik.com

Kemampuan crystal healing untuk menyelaraskan kembali energi dalam tubuh ketika terjadi gangguan inilah yang akhirnya mendatangkan sejumah manfaat. Hal ini berkaitan pula dengan 7 chakra utama di dalam tubuh yang bisa dijadikan titik-titik tumpu ketika melakukan penyembuhan dengan medium crystal healing ini.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diberikan antara lain menghilangkan racun dari dalam tubuh, memaksimalkan fungsi organ, membersihkan darah, meningkatkan daya penglihatan, menyembuhkan ruam, mendorong terjadinya pertumbuhan jaringan, mengurangi nyeri pada sendiri, mengurangi rasa cemas, meringankan depresi, gangguan pernapasan, hiperaktif dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan infeksi kulit.

Cara Penyembuhan Crystal Healing

Menjadikan crystal healing sebagai aksesori inilah yang kini banyak dijadikan hobi di masa pandemi untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh
Crystal healing/freepik.com

Adapun cara penyembuhan crystal healing ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, dengan meletakkan langsung kristal-kristal ke titik-titik yang dinamakan chakra. Perlu diketahui bahwa ada 7 chakra yang menjadi fokus yaitu chakra utama, jantung, seks, ajna, tenggorok, solar plexus dan mahkota.

Sementara, untuk cara lainnya yaitu dengan merendam dan menggunakannya sebagai aksesori. Menjadikan crystal healing sebagai aksesori inilah yang kini banyak dijadikan hobi di masa pandemi untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh. Untuk cara yang direndam, tahapannya ialah dengan memasukkan kristal ke dalam air kemudian didiamkan selama beberapa saat lalu di minum.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id