sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Sibuk Kerja Terus, Luangkan Waktu untuk Keluarga Yuk!

tyana | Senin, 02 Nov 2020 22:15 WIB
Jangan Sibuk Kerja Terus, Luangkan Waktu untuk Keluarga Yuk!
caption

Pandemi virus Covid-19 membuat banyak perubahan dalam aktivitas kita sehari-hari, termasuk dalam masalah pekerjaan. Bekerja dari rumah atau work from home (wfh) tidak membuat kita banyak waktu luang di rumah. Siapa yang setuju?

Ya, malahan pekerjaan malah tak mengenal waktu hingga mengganggu quality time bersama keluarga. Untuk itu, yuk! Luangkan waktu dengan keluarga dengan beberapa tips berikut ini. 

Atur Jadwal Kerja

Cara meluangkan waktu bersama keluarga
Ilustrasi Mengerjakan Pekerjaan/pinterest.com/julia_berolzheimer

Bekerja di rumah membuat jadwal kerja menjadi tak menentu. Untuk itu atur jadwal kerja dengan rapih dan tepat agar tak kamu masih bisa melakukan aktivitas lain selain pekerjaan. Atur juga kapan jam mulai bekerja dan pekerjaan berakhir. Walaupun bekerja di rumah lebih bebas tetapi kamu harus mengikuti jadwal kerja yang telah kamu buat. 

Pastikan juga kamu telah memasukkan jadwal meeting dan mengatur pekerjaan tak terduga yang harus kamu kerjakan. 

Jangan Prokrastinasi

Fokus bekerja agar pekerjaan lebih cepat selesai
Ilustrasi Fokus dengan Pekerjaan/pinterest.com/julia_berolzheimer

Prokrastinasi adalah tindakan menunda pekerjaan dengan aktivitas lain sehingga pekerjaan utama tertunda. Ladies, tahukah kamu menunda pekerjaan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut, namun membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih sulit dan lama. 

Untuk itu, ubah kebiasaan ini dengan cara menyicil pekerjaan yang sulit. Tetap fokus dalam pekerjaan dan jangan terganggu dengan aktivitas lain. Tapi, bukan berarti kamu harus bekerja sepanjang waktu. Pastikan waktu bekerja tidak kurang atau melebihi jadwal kerja yang telah kamu tetapkan. 

Biasakan Dinner Bersama Keluarga

Dinner merupakan cara mudah untuk quality time bersama keluarga
Ilustrasi Dinner Keluarga/pinterest.com/bhg

Keluarga merupakan social support yang paling utama. Untuk itu kita butuh satu sama lain untuk saling mendukung. Apabila kita memiliki pekerjaan yang cukup sibuk dan hampir tidak ada waktu luang yang banyak untuk berkumpul dengan keluarga. Kita dapat meluangkan waktu makan malam dengan berbincang dengan keluarga dan saling mendukung satu sama lain.

Luangkan Waktu Weekend

Aktivitas Bersama Keluarga
Ilustrasi Aktivitas Bersama Keluarga/pinerest.com/paolinios

Weekend menjadi waktu yang tepat untuk quality time bersama keluarga. Hal ini dikarenakan Sabtu dan Minggu menjadi waktu libur nasional. Untuk itu coba ajak seluruh anggota keluarga untuk sekedar berkumpul di ruang TV dan menonton acara bersama.

Hari libur bersama juga dapat kita gunakan sebagai waktu untuk menumbuhkan intimasi dengan semua anggota keluarga. 

Aktivitas Bersama Keluarga

Aktivitas Bersama Keluarga
Ilustrasi Aktivitas Bersama Keluarga/pinterest.com/eyeswoon

Untuk membuat quality time bersama keluarga lebih menyenangkan dan akrab. Kita dapat meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama seperti main game, ataupun masak dan makan bersama. 

Aktivitas kecil bersama orang yang kita sayangi dapat merubah mood kita menjadi lebih semangat dan bahagia. Mengerjakan pekerjaanpun akan lebih mudah saat mood kita positif. So, jangan sibuk aja iya. Yuk! Luangkan waktu bersama keluarga mumpung sedang work from home. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id