sign up SIGN UP

Buang Sifat Nggak Enakan, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berani Bilang Tidak!

Phanie Fauziah | Selasa, 12 Oct 2021 07:30 WIB
Buang Sifat Nggak Enakan, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berani Bilang Tidak!
caption

Manusia itu makhluk sosial ya, Beauties yang tidak bisa hidup tanpa bantuan atau campur tangan orang lain. Alih-alih ingin mendapat pengakuan sosial secara penuh sering kali kita selalu memenuhi kemauan orang lain.

Padahal, hal tersebut tidak baik bagi kita ataupun orang yang menerima bantuan.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berani Bilang Tidak

Sesekali berani bilang tidak, perlu untuk kita lakukan. Tidak ada salahnya untuk mengungkapkan penolakan jika pertolongan tersebut memberatkan atau bahkan bisa dikatakan tidak sanggup untuk dilakukan. 

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus berani bilang tidak.

1. Menyesuaikan dengan Kemampuan

Memahami Kemampuan
Alasan Berani Menolak untuk Memahami Kemampuan Sendiri/Pexels/Alexandr Podvalny

Ketika kita menyanggupi sesuatu tentunya karena kita mampu untuk melakukannya. Nah, jangan lakukan jika kamu tidak mampu dan melakukannya atas dasar sungkan. Sesuaikan segala bentuk pertolongan dan tindakan dengan kemampuan yang kita miliki.

2. Menghindari Rasa Kesepian

Menghindari Kesepian
Alasan Berani Menolak untuk Menghindari Rasa Kesepian/Pexels/Pixabay

Selalu menuruti permintaan orang lain dan tidak berani menolak permintaannya justru bisa menunjukkan kondisi kita yang selalu merasa kesepian dan ingin diakui atau bahkan tidak mau kehilangan. Jika kita belajar untuk berani bilang tidak dan menolak, maka kita akan terhindar dari kesepian sesungguhnya.

Coba untuk belajar memahami diri sendiri, buat orang tetap loyal pada kita bukan karena mengharapkan pertolongan kita terus menerus. Tunjukkan bahwa kita pun punya kekuatan dan hak untuk melakukan penolakan, tentunya secara baik-baik ya, Beauties.

3. Orang Lain Hanya Bisa Menilai Tanpa Merasakan

Orang Lain Hanya Bisa Menilai Tanpa Merasakan
Alasan Berani Menolak karena Orang Lain Hanya Bisa Menilai Tanpa Merasakan/Pexels/Keira Burton

Menyadari batas kemampuan bukanlah kelemahan, justru merupakan kekuatan bahwa kita mampu memahami diri sendiri. Orang lain hanya bisa menilai tanpa merasakan yang kita alami, maka jangan pernah mendengarkan apa kata orang, justru tunjukkan bahwa kita tidak bisa terus menerus menuruti kemauan orang lain.

4. Menghindari Perasaan Menyesal

Menghindari Perasaan Menyesal
Alasan Berani Menolak untuk Mengindari Perasaan Menyesal/Pexels/Engin Akyurt

Diri kita adalah milik kita, pikirkan dan renungkan dengan baik saat kita terus menerus menuruti keinginan orang lain adakah hal positif yang terbentuk bagi kita ataupun orang tersebut. Jika tidak maka katakan penolakan agar tidak menyesal di kemudian hari.

5. Melemahkan Kemampuan Orang Lain

Melemahkan Kemampuan Orang Lain
Alasan Berani Menolak untuk Melemahkan Kemampuan Orang Lain/Pexels/Keira Burton

Memahami kemampuan merupakan bentuk menghargai diri sendiri. Orang yang memanfaatkan kebaikan orang lain terus menerus tentunya bukanlah perbuatan yang positif, meskipun itu adalah kemampuannya.

Dengan berani bilang tidak, secara tidak langsung kita akan berhasil melemahkan kemampuannya untuk memanfaatkan kebaikan orang lain. Harapannya bisa menyadarkan orang tersebut, bahwa terus menerus meminta orang lain menuruti kemauannya adalah sikap yang kurang baik.

Nah, Beauties jika kamu termasuk orang yang selalu sungkan menolak permintaan orang lain. Maka, belajarlah untuk berani bilang tidak jika memang kita tidak mampu atau merasa orang tersebut hanya memanfaatkan kebaikan kita.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id