sign up SIGN UP

LIFE

Cara Ngobrol Agar Nggak Awkward dan Tetap Asyik Meski dengan Orang Baru

Dian Aprilia | Selasa, 20 Jul 2021 14:00 WIB
Cara Ngobrol Agar Nggak Awkward dan Tetap Asyik Meski dengan Orang Baru
caption

Awkward atau canggung adalah situasi saat seseorang merasa kikuk, bingung atau kesulitan beradaptasi dengan suasana tertentu. Sebenarnya awkward adalah kondisi yang normal dan pasti pernah dialami sebagian orang. Entah disebabkan oleh obrolan dengan orang baru, tempat yang ramai, diperhatikan banyak orang dan lainnya.

Situasi atau obrolan awkward memang termasuk situasi yang buruk dan tidak menyenangkan. Sehingga kita berusaha sebisa mungkin menghindarinya atau meningkatkan kualitas komunikasi demi bisa mendapatkan situasi ngobrol yang nyaman dan asyik. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara ngobrol agar nggak awkward:

Cari Tahu Penyebab

Ngobrol
Ngobrol/pexels.com/RODNAE Productions

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab situasi awkward tersebut. Apakah situasi awkward tersebut disebabkan karena kamu tidak tahu topik yang akan dibicarakan, kondisi hening, salah ngomong atau yang lainnya? Setelah mengetahui penyebab tersebut, kamu perlu tahu cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Ulangi Dialog Lawan Bicara

Canggung atau awkward biasanya disebabkan karena kamu kebingungan membalas ucapan dari lawan bicara. Kamu seolah tak ada ide menimpali perkataannya. Entah karena tak paham topiknya atau khawatir salah ngomong karena obrolan yang sensitif. Cara simpel yang bisa kamu lakukan adalah mengulangi dialog lawan bicara.

Coba sedikit mengulang ucapan lawan bicara sambil mencoba memahami topik tersebut. Tunggu respon dari lawan bicara, jika ia berbicara lagi kamu bisa menyimaknya sungguh-sungguh, kemudian memberikan respon dengan jujur. Apabila kamu memang tidak tahu atau bingung ya ungkapkan secara jujur. Hal ini bisa membuka pada obrolan topik lain dan lawan bicara bisa memahami hal tersebut tanpa membuatnya tersinggung.

Angkat Topik yang Dikuasai

ngobrol
ngobrol/pexels.com/jopwell

Selanjutnya agar obrolan tidak canggung, kamu bisa mengangkat topik yang dikuasai. Cobalah cari topik yang memang disukai oleh lawan bicara dan dirimu sendiri. Hal ini membuat obrolan terasa santai tapi juga seru.

Apabila kamu tidak tahu obrolan yang disukai oleh lawan bicara, kamu bisa coba membahas isu terbaru dan hangat yang diperbincangkan di media sosial. Setelah itu cari tahu responnya dan coba lanjutkan obrolan pada sudut pandang yang diangkat lawan bicara. Jika kamu tidak tahu, kamu bisa menunjukkan rasa penasaranmu terhadap hal tersebut.  

Latih Komunikasi Asertif

Ngobrol bisa dilakukan dengan sangat nyaman dan tidak awkward saat kamu melatih kemampuan komunikasi asertif. Komunikasi asertif adalah kemampuan komunikasi yang jujur dan tegas tetapi tetap berusaha menghargai dan menjaga perasaan orang lain.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan mengungkapkan perasaan kamu sejujurnya dengan cara yang baik. Misalnya, kamu tidak suka dengan pembahasan yang rasis dan terlalu kasar, maka kamu bisa mengungkapkan hal tersebut. Ungkapkan dengan nada yang biasa, kata-kata yang sopan, tidak menghakimi dan menerima pendapat orang lain.

Latih Empati

Ngobrol
Ngobrol/pexels.com/Alex Green

Terakhir, cobalah untuk melatih empati setiap ngobrol dengan orang lain. Kondisi awkward bisa terjadi saat lawan bicara cenderung diam dan menghindar. Jika kamu berada di posisi ini, kamu bisa coba cari tahu kesulitan apa yang dihadapi oleh lawan bicara.

Apakah mereka memiliki kecemasan tertentu, tidak mudah beradaptasi dengan orang baru, sedang sakit dan lainnya? Jika kondisi tidak memungkinkan untuk melanjutkan pembicaraan, kamu bisa mengakhirinya dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa berhenti sejenak dan menunggu respon lawan bicara dengan sabar.

Itulah 5 cara agar obrolanmu tidak awkward dan lebih mengasyikkan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id