sign up SIGN UP

Childfree Saat Menikah Bikin Bahagia? Simak 5 Faktanya Berikut!

Izzul Millati Umami | Senin, 16 Aug 2021 22:15 WIB
Childfree Saat Menikah Bikin Bahagia? Simak 5 Faktanya Berikut!
caption

Ramai topik tentang Childfree dibahas di media sosial twitter. Pembahasannya sangat seru sampai masuk ke dalam trending topic beberapa hari lalu. Banyak yang pro, namun banyak juga yang kontra. Salah satu alasannya adalah masalah biaya, perubahan iklim, serta isu kesehatan mental. Bagi yang kontra, menganggap childfree sebagai langkah yang egois. Wah, sebenarnya childfree saat menikah bikin bahagia atau malah sengsara karena kesepian? Simak dulu 5 faktanya berikut ini. 

Jaminan Kehidupan Merupakan Alasan Pasangan Memutuskan Childfree

childfree
childfree/Foto:unsplash.com/aldyrkhanov

Beberapa pasangan di dunia memilih tidak mempunyai anak karena alasan jaminan kehidupan. Alasan budget yang minim pun sangat berperan. Mereka khawatir tidak dapat memberikan jaminan pendidikan dan kehidupan yang layanan untuk anak. Biaya hidup yang semakin mahal untuk ditanggung berdua membuat banyak pasangan tidak siap untuk mengurus anak. 

Pernikahan Dipandang Bukan Sekadar Sarana “Pencetak” Anak

Pernikahan anak
Pernikahan anak/Foto:unsplash.com/daiga_ellaby

Banyak pasangan muda menyadari bahwa pernikahan merupakan lembaga untuk menciptakan bibit penerus keturunan. Namun, bukan berarti setiap pasangan di dunia wajib memiliki anak. Mereka yang ikut Childfree percaya bahwa ada tanggung jawab besar yang harus diemban sedari memiliki anak hingga sang anak dewasa. Bila tidak siap, bukanlah suatu dosa untuk tidak mempunyai anak biologis. 

Bumi Semakin Sesak, Populasi Membludak

bumi sesak
bumi sesak/Foto:unsplash.com/leorivas

Selain alasan jaminan kehidupan, beberapa pasangan di Eropa melakukan childfree sebagai langkah turut andil menekan populasi penduduk. PBB bahkan memperkirakan jumlah penduduk bumi akan naik sebanyak 2 milyar setiap 20 tahun sekali. Ini berarti, di tahun 2100, penduduk bumi akan berjumlah sekitar 11-12 Milyar. 

Sebagian Penganut Childfree Memutuskan untuk Adopsi Anak

childfree anak
childfree anak/Foto:unsplash.com/daen_2chinda

Beberapa pasangan penganut childfree di berbagai belahan dunia masih menginginkan hadirnya anak di dalam kehidupan mereka, namun bukan anak biologis, melainkan anak adopsi. Mengangkat anak merupakan salah satu jalan untuk mengendalikan populasi bagi beberapa orang. Tentu saja, biaya mengadopsi anak pun tidaklah murah. Namun, bagi sebagian orang, ini adalah keputusan terbaik dari yang pernah ada. 

Childfree Tidak Menjamin Bahagia, Begitu Pula Memiliki Anak

Childfree pun bukan suatu jalan pasti untuk mencapai kebahagiaan, karena masalah bisa datang dari mana saja. Namun, memiliki anak juga bukan jaminan bagi kebahagiaan. Bersyukur merupakan salah satu cara untuk merasakan bahagia, bagi mereka yang benar-benar paham. dengan atau tanpa anak.

Hmm, kalau Beauties pilih Childfree atau punya momongan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id