sign up SIGN UP

Dekorasi Rumahmu Menggambarkan Gaya Parentingmu

Tim redaksi Hai Bunda | Senin, 16 Aug 2021 11:45 WIB
Dekorasi Rumahmu Menggambarkan Gaya Parentingmu
caption
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kepribadian kita akan mempengaruhi segala sesuatu pilihan kita, termasuk cara kita mendekorasi rumah. Oleh karena itu, dari cara kita mendekorasi rumah, juga bisa memperlihatkan bagaimana pola pengasuhan kita saat menjadi orangtua.

Dilansir Hai Bunda dari The Spruce, ini 4 gaya parenting yang bisa dilihat dari cara mendekorasi rumah.


1. Otoriter atau Authoritarian

Portrait of a mother scolding to her baby daughter sitting on the floor in the living room at homePortrait of a mother scolding to her baby daughter sitting on the floor in the living room at home/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem


Ini berarti kamu tipe yang suma mengatur dan harus diikuti aturannya. Kamu orang yang suka ketertiban dan amat bertanggung jawab. Untuk tipe ini biasanya menyukai dekorasi rumah yang simple dan teratur.

Lebih fokus ke warna dibandingkan mix and match aksesori. Semua benda harus tersusun rapi. Tapi ingat ya, jangan sampai keinginan untuk mencapai ketertiban malah membuatmu melarang anak-anak untuk berkreasi nantinya.

2. Berwibawa atau Authoritative

Young smiling mother sitting on floor at living room and teaching her 10 months old baby boy how to use chamber potYoung smiling mother sitting on floor at living room and teaching her 10 months old baby boy how to use chamber pot/ Foto: iStock


Tipe ini lebih fokus pada hal-hal tertentu namun bisa berkompromi di hal-hal yang lain. Hal ini terlihat dr caramu mendekorasi rumah.

Kamu hanya akan fokus ke bagian-bagian tertentu dari rumah, dan memkompromikan bagian lain untuk didekorasi bersama dengan keluarga yang lain.

Biasanya kamu tipe orang yang suka menghias rumah dengan berbagai aksesori yang personal sesuai dengan anggota keluarga.

3. Permisif

Stylish scandinavian  baby room with crib, dresser, wooden toys and lamp. zero waste. eco-friendly materialsStylish scandinavian baby room with crib, dresser, wooden toys and lamp. zero waste. eco-friendly materials/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ulza

Untuk kamu yang punya pola pengasuhan yang permisif, biasanya rumah rapi bukan prioritasmu. Bagimu yang penting rumah bisa menjadi sarana yang menyenangkan bagi keluarga.

Tak heran bagi kamu yang memiliki pola pengasuhan ini, rumah seringkali terlihat berantakan. Apalagi kamu seringkali tak melibatkan si kecil dalam proses menjaga kerapihan rumah.

Masih ada satu lagi pola pengasuhan yang mempengaruhi caramu mendekorasi rumah. Cek di sini ya!

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id