sign up SIGN UP

Jangan Asal Semprot! Ternyata 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Diberi Parfum

Justina Nur | Jumat, 23 Jul 2021 20:30 WIB
Jangan Asal Semprot! Ternyata 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Diberi Parfum
caption

Parfum merupakan salah satu beauty item yang selalu digunakan siapa saja, baik perempuan maupun laki laki. Dengan menggunakan parfum, kita jadi makin percaya diri.

Tak jarang, parfum juga digunakan untuk memikat lawan jenis. Parfum bahkan memiliki aneka ciri khas aroma mulai dari yang lembut dan terkesan feminin, hingga segar yang membuat kamu bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. 

Tak hanya itu saja, parfum juga dapat menyamarkan bau badan. Tetapi, penggunaan parfum tidak sembarangan. Kamu harus mengetahui bagian-bagian tubuh yang seharusnya tidak boleh diberi parfum. Berikut beberapa bagian tubuh yang tidak boleh diberi parfum, simak yuk, Beauties!

1. Rambut

Rambut
Rambut/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Rambut yang wangi tentu menambah kepercayaan diri. Selain itu, rambut juga dapat menyerap aroma dengan mudah.

Akan tetapi, parfum dengan bahan dasar alkohol justru dapat mengeringkan rambut, apalagi jika kamu menyemprotkan parfum langsung ke rambut. Sebagai gantinya, kamu bisa menyemprotkan parfum pada sisir rambut, lalu sikatlah rambut seperti biasa.

2. Mata

Mata mungkin memang tidak akan menjadi sasaran banyak orang untuk menyemprotkan parfum. Tapi mata seringkali tak sengaja terkena semprotan parfum saat kamu mengenakannya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penyemprotan parfum di daerah sekitar mata. Hal ini karena parfum memiliki bahan dasar alkohol bahkan ada yang sampai 95 persen, yang dapat menimbulkan iritasi dan perih jika terkena area sensitif seperti mata.

3. Ketiak

Ketiak
Ketiak/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Ketiak memang mudah menimbulkan bau, karena sering menimbulkan keringat yang tak jarang bercampur dengan bakteri di ketiak.

Tapi menyemprotkan parfum pada ketiak bukanlah cara yang tepat. Hal ini karena parfum justru dapat menimbulkan iritasi pada kulit ketiakmu. Interaksi antara parfum dan kelenjar keringat di ketiak juga dapat menimbulkan rasa gatal hingga sensasi terbakar.

4. Alat Kelamin

Alat kelamin memang memiliki bau khas tersendiri. Namun jangan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk kamu menyemprotkan parfum di daerah tersebut. Hal ini karena parfum justru dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, parfum dapat menimbulkan iritasi, peradangan, gatal hingga nyeri pada daerah kewanitaan.

5. Tangan

Tangan
Tangan/Freepik.com/Freepik.diller

Pada umumnya, banyak orang yang mengoleskan parfum di pergelangan tangan agar bisa tercium wangi sepanjang hari. Tapi jika parfum yang kamu gunakan memiliki bahan dasar alkohol, maka mengaplikasikannya di tangan justru memicu kulit kering yang membuat kulit tangan jadi pecah-pecah dan berdarah. Tak hanya itu, jika kamu menggosok mata setelah terkena parfum di tangan tersebut, maka akan memicu mata menjadi iritasi. 

Beauties, itu dia 5 bagian tubuh yang tidak boleh disemprotkan parfum. Jika kamu ingin aroma parfum awet tahan lama, kamu bisa menyemprotkannya di titik nadi tubuh seperti pergelangan tangan, leher, dan bagian belakang lutut. Jangan lupa ikuti tips memakai parfum yang benar ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id