sign up SIGN UP

LIFE

Sedih Tanpa Alasan Saat Liburan? Begini Cara Mengatasinya

Intan Dwi | Jumat, 25 Dec 2020 13:00 WIB
Sedih Tanpa Alasan Saat Liburan? Begini Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Menjelang akhir tahun keceriaan dari banyak orang untuk menyambut liburan pun sudah terlihat. Tetapi masa pandemi ini membuat semua orang terbatas untuk merayakan liburannya kali ini, hal ini tentunya membuat sebagian orang sedih. Terutama bagi mereka yang enggak bisa bertemu dengan keluarga karena jauh dan tidak boleh menemui keluarga karena harus berjaga jarak.

Mereka pun harus di rumah dan tanpa alasan sebagian orang akan merasa sedih karena mengingat hal-hal yang lalu. Kesedihan bisa menjadi respon atas kematian seseorang, putus cinta atau perubahan lain dalam keadaan hidup mereka. Dalam mengatasi kesedihan selama liburan pun setiap orang memiliki cara yang berbeda. Tapi kali ini Beautynesia mau kasih tips untuk kalian ketika merasa sedih di saat liburan kali ini:

Terhubung dengan Orang Lain

Meskipun mungkin kamu ingin menyendiri untuk memperbaiki emosi, tapi ada baiknya juga untuk berhubungan dengan orang-orang di sekitar kamu.
Terhubung dengan Orang Lain/freepik.com

Meskipun mungkin kamu ingin menyendiri untuk memperbaiki emosi, tapi ada baiknya juga untuk berhubungan dengan orang-orang di sekitar kamu. Memiliki support system yang dapat membantu kamu di saat-saat sedih selama liburan sangatlah penting.

Kamu dapat menghubungi keluarga atau teman, sehingga kamu bisa selalu memastikan bahwa kamu memiliki seseorang yang dapat diandalkan untuk dukungan emosional bahkan fisik.

Jangan Takut Berkata Tidak

kalau kamu merasa tidak sanggup untuk menghadiri acara pesta itu, jangan takut untuk mengatakan tidak.
Jangan Takut Berkata Tidak/freepik.com

Selama masa liburan seperti ini, banyak orang yang mengadakan acara pesta dan kamu diundang sehingga mengharuskan kamu hadir. Tapi kalau kamu merasa tidak sanggup untuk menghadiri acara pesta itu, jangan takut untuk mengatakan tidak.

Tidak ada salahnya membuat penolakan mengenai hal itu jika memang acara itu bisa membuat kamu tidak nyaman. Lebih baik bertahan di rumah dan nonton film–film kesukaan.

Ingatkan Diri Sendiri

Hal yang satu ini bisa kamu lakukan agar merasa lebih baik dengan seiring berjalannya waktu.
Ingatkan Diri Sendiri/pexels.com

Hal yang satu ini bisa kamu lakukan agar merasa lebih baik dengan seiring berjalannya waktu. Salah satunya adalah pengingatnya adalah “Bersabar, segalanya nanti akan menjadi lebih baik dan akan sembuh seiring berjalannya waktu”. Selain itu, selalu berbaik hati pada diri sendiri yang artinya jangan menilai diri sendiri atau marah karena merasakan apa yang kamu rasakan.

Fokus Pada Aktivitas Kamu

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah olahraga, karena pengerahan tenaga fisik dari olahraga bisa membuat kamu tenang.
Fokus Pada Aktivitas Kamu/freepik.com

Di saat kamu merasa tanpa alasan penting untuk menemukan hal-hal yang kamu sukai. Ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk merenungkan mengenai kebutuhan kamu sendiri dan menemukan orang dan aktivitas baru yang bisa membawa kebahagiaan dalam hidup kamu.

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah olahraga, karena pengerahan tenaga fisik dari olahraga bisa membuat kamu tenang. Hal itu dikarenakan rasa lelah yang didapat, apapun yang bisa melelahkan tubuh bagus untuk meningkatkan suasana hati.

Beri Ruang dan Waktu untuk Diri Sendiri

Ketika merasakan emosi yang kompleks, kamu bisa melakukan cara ini untuk memproses emosi kamu dan merefleksikan diri.
Beri Ruang dan Waktu untuk Diri Sendiri/freepik.com

Ketika merasakan emosi yang kompleks, kamu bisa melakukan cara ini untuk memproses emosi kamu dan merefleksikan diri. Tidak ada salahnya jika kamu merasa tidak baik-baik saja, tidak ada salahnya juga untuk merasakan kesepian, berduka atau merindukan seseorang.

Meski sedang merasakan kesedihan yang mendalam, harus tetap bersabar, baik hati dan lembut kepada diri sendiri dan membiarkan diri kamu menahan emosi.

Pergi Berlibur

Karena sudah memasuki musim liburan enggak ada salahnya membuat rencana untu pergi liburan dan membuat daftar hal-hal apa saja yang kamu inginkan.
Pergi Berlibur/freepik.com

Karena sudah memasuki musim liburan enggak ada salahnya membuat rencana untuk pergi liburan dan membuat daftar hal-hal apa saja yang kamu inginkan. Melakukan sebuah perjalanan bisa membantu menjaga semangat kamu dan membantu menjauh dari kesepian saat di rumah.

Kalau kamu tidak bisa pergi terlalu lama atau ke tempat yang jauh, mengambil cuti beberapa hari untuk staycation juga enggak ada salahnya. Setidaknya itu sudah membantu kamu untuk mengatasi rasa sedih yang sedang dihadapi.

Mengingat Hal-Hal yang Membahagiakan

Kamu bisa mengingat momen-momen yang membuat kamu bahagia saat itu, alih-alih menekan rasa sakit, sebenarnya cara ini bisa membuat kamu bahagia.
Mengingat Hal-Hal yang Membahagiakan/pexels.com

Jika memang kamu tidak ingin bertemu banyak orang dan pergi berlibur untuk menghilangkan kesedihan. Kamu bisa mengingat momen-momen yang membuat kamu bahagia saat itu, alih-alih menekan rasa sakit, sebenarnya cara ini bisa membuat kamu bahagia. Dengan begitu memberi kamu ruang untuk tawa dan kegembiraan bahkan di tengah kesedihan.

Beristirahatlah yang Banyak

Mengalami kesedihan memang melelahkan, jadi pastikan untuk banyak istirahat karena perawatan diri yang satu ini sangat penting dari hari ke hari.
Beristirahatlah yang Banyak/pexels.com

Mengalami kesedihan memang melelahkan, jadi pastikan untuk banyak istirahat karena perawatan diri yang satu ini sangat penting dari hari ke hari. Jika bisa, tidurlah dan jaga diri setiap hari, ini akan membantu mengurangi kewalahan, stres dan lelah, serta membantu menyembuhkan dan memperbarui diri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id