sign up SIGN UP

Tips-Tips Ini Akan Membantu Menenangkan Diri Saat Emosi dan Cemas

Intan Dwi | Selasa, 24 Nov 2020 22:30 WIB
Tips-Tips Ini Akan Membantu Menenangkan Diri Saat Emosi dan Cemas
caption
Jakarta -

Manusia digerakkan hari demi hari oleh emosi dalam dirinya, dalam sehari kita bisa bersemangat, menangis atau marah. Tidak jarang, kita juga dilanda oleh rasa cemas, jika rasa cemas meningkat bisa menimbulkan dampak negatif.

Tanpa ragu emosi kita mendikte pikiran, niat dan tindakan kita dengan otoritas superior ke pikiran rasional kita. Tetapi saat kita bertindak berdasarkan emosi kita terlalu cepat atau kita bertindak pada jenis emosi yang salah.

Karena emosi yang tidak dapat dikendalikan itulah bisa membuat perasaan kita berubah menjadi ekstrem bahkan berbahaya. Itulah mengapa kita harus memiliki beberapa strategi yang dapat membantu saat kita merasa marah atau cemas.

Berikut ini adalah tips-tips bermanfaat untuk mengendalikan diri kamu saat emosi dan cemas.

Atur Pernapasan

Pernapasan merupakan teknik nomor satu dan paling efektif untuk mengurangi kemarahan dan kecemasan dengan cepat
Pernapasan/freepik.com

Pernapasan merupakan teknik nomor satu dan paling efektif untuk mengurangi kemarahan dan kecemasan dengan cepat. Saat seseorang cemas atau marah, mereka cenderung mengambil napas pendek dan ini menyebabkan umpan balik positif yang memperkuat respon fight-or-flight dalam diri kamu.

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu menenangkan diri, salah satunya adalah pernapasan tiga bagian. Teknik ini mengharuskan kamu menarik napas dalam-dalam dan kemudian menghembuskan napas sepenuhnya sambil memperhatikan tubuh kamu.

Setelah merasa nyaman dengan pernapasan dalam, kamu bisa mengubah rasio inhlasi dan pernapasan menjadi 1:2 (memperlambat pernapasan sehingga dua kali lebih lama dari pernapasan kamu). latihan teknik ini saat kamu tenang, agar kamu mengetahui cara melakukannya saat emosi atau cemas.

Lepaskan Amarah

Melepaskan amarah enggak harus dengan cara berteriak atau membentak, kamu bisa mengeluarkan energi emosional dengan berolahraga,
Lepaskan Amarah/freepik.com

Melepaskan amarah enggak harus dengan cara berteriak atau membentak, kamu bisa mengeluarkan energi emosional dengan berolahraga, seperti jalan-jalan atau lari. Dalam beberapa aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan serotonin untuk membantu kamu tenang dan merasa lebih baik.

Rilekskan Tubuh

Saat merasa cemas atau marah, rasanya setiap otot di tubuh menjadi tegang, karena itu berlatih untuk relaksasi otot progresif.
Rilekskan Tubuh/freepik.com

Saat merasa cemas atau marah, rasanya setiap otot di tubuh menjadi tegang, karena itu berlatih untuk relaksasi otot progresif. Karena itu dapat membantu menenangkan diri dan memusatkan diri kamu.

Ini bisa dilakukan dengan cara, berbaringlah di lantai dengan merentangkan tangan ke samping, pastikan kaki tidak disilangkan dan tangan tidak mengepal.  Mulailah dari jari kaki dan katakan pada diri kamu untuk melepaskannya.

Gerakkan tubuh ke atas secara perlahan sambil katakan pada diri sendiri untuk melepaskan perasaan emosi dan cemas.

Mendengarkan Musik

Ketika kamu merasa tingkat kecemasan dan emosi kamu meningkat, kamu bisa mengandalkan headphone dan ponsel untuk mendengarkan musik.
Mendengarkan Musik/pexels.com

Ketika kamu merasa tingkat kecemasan dan emosi kamu meningkat, kamu bisa mengandalkan headphone dan ponsel untuk mendengarkan musik. Cara ini menjadi salah satu cara yang luar biasa untuk menenangkan pikian dan tubuh saat emosi.

Kapanpun kamu mendengarkan lagu favorit kamu, coba perhatikan bagaimana tubuh kamu bereaksi.

Khususnya musik dengan tempo lambat yang memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat cemas dan menurunkan detak jantung. Mendengarkan musik juga bisa membantu kamu merasa santai dan menenangkan pikiran untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Visualisasikan Diri Kamu Tenang

Setelah menarik napas dalam beberapa kali, pejamkan mata dan bayangkan diri kamu tenang.
Visualisasikan Diri Kamu Tenang/freepik.com

Setelah memperaktikan teknik pernapasan yang sudah kamu pelajari, kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Setelah menarik napas dalam beberapa kali, pejamkan mata dan bayangkan diri kamu tenang.

Lihat tubuh kamu rileks dan bayangkan diri kamu sedang mengatasi situasi stres atau penyebab kecemasan dengan tetap tenang dan fokus.

Dengan membuat gambaran mental tentang bagaimana rasanya tetap tenang, kamu bisa mengarah kembali ke gambaran itu saat sedang cemas.

Turunkan Bahu

Mengatasinya kamu bisa dengan duduk tegak, tarik napas dalam-dalam dan turunkan bahu.
Turunkan Bahu/freepik.com

Jika merasa tubuh kamu tegang, kemungkinan besar postur kamu akan terganggu. Mengatasinya kamu bisa dengan duduk tegak, tarik napas dalam-dalam dan turunkan bahu.

Melakukan cara ini, kamu bisa fokus untuk menyatukan tulang belikat kamu lalu menarik bahu kamu ke bawah. Kamu bisa melakukan tarik napas dalam-dalam beberapa kali dalam sehari.

Menulis

Kalau kamu merasa terlalu emosi dan marah yang membuat kamu ingin membicarakannya, ambil buku harian dan tuliskan pemikiran kamu di sana.
Menulis/pexels.com

Kalau kamu merasa terlalu emosi dan marah yang membuat kamu ingin membicarakannya, ambil buku harian dan tuliskan pemikiran kamu di sana. Jangan khawatir mengenai kalimat atau tanda baca, cukup tulis saja apa yang ingin kamu utarakan. Karena menulis membantu kamu mengeluarkan pikiran negatif dari kepala kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id