sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjadi Ibu

Hani Arifah | Senin, 31 May 2021 12:15 WIB
5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjadi Ibu
caption
Jakarta -

Menjadi seorang ibu adalah harapan semua wanita di dunia. Banyak sekali kebahagiaan hingga tantangan ketika menjadi ibu. Tentu saja hal ini bukan hal yang mudah untuk dijalani. 

Foto:pinterest/lifehack
Ilustrasi calon ibu

Sebelum kamu menjadi ibu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar kamu menjalaninya dengan nyaman. Simak 5 hal di bawah!

Mental yang Kuat

Tak bisa dipungkiri, ketika menjadi ibu, akan banyak sekali komentar-komentar dari orang sekitar tentang ibu dan si kecil. Mulai dari cara mendidik anak, makanan yang diberikan kepada anak, bahkan fisik si kecil. Terkadang hal ini membuat para ibu merasa kurang nyaman, terlebih pasca melahirkan, para ibu menjadi lebih sensitif. Untuk itu, salah satu hal yang harus disiapkan sebelum menjadi ibu adalah mental yang kuat.

Pengetahuan yang Luas

Saat ini sudah banyak sekali buku-buku atau video pembelajaran tentang parenting. Sebelum menjadi ibu, ada baiknya calon ibu banyak menambah wawasan tentang parenting dan anak. Hal ini akan sangat membantu menjawab kebingungan-kebingungan yang akan dihadapi nantinya ketika sudah menjadi ibu.

Sabar yang Luas dan Tak Terbatas

Ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang akan berubah ketika menjadi ibu. Jika biasanya kita bisa tidur nyenyak, ketika menjadi ibu, kita harus terbangun malam hari ketika si kecil menangis. Bahkan, banyak ibu-ibu di luar sana yang sampai tidak bisa tidur nyenyak semalaman. Atau ketika kita baru saja mengganti popok si kecil, tiba-tiba si kecil buang air kecil atau buang air besar lagi. Sabar dan ketelatenan sangat dibutuhkan ketika menjadi ibu.

Fisik yang Kuat dan Sehat

Hadirnya si kecil membuat tenaga ibu terkuras habis. Mulai dari menyusui, mengganti popok, menggendong si kecil ketika menangis, bahkan menemani si kecil tengah malam. Jika fisik tidak kuat, si ibu akan mudah sekali drop. Sebelum menjadi ibu, perbanyak olahraga dan makan makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Hubungan Baik dengan Suami

Ketika hamil hingga pasca melahirkan, peranan suami juga tak kalah penting. Kerjasama dengan suami menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar si ibu tidak terlalu lelah mengurus bayi sendirian. Hubungan baik dengan suami akan meringankan sedikit beban ketika repot mengurus si kecil nanti. 

Nah, sebelum menjadi itu, kira-kira 5 hal di atas perlu kita siapkan. Bagaimana calon ibu, apakah sudah mempersiapkan hal di atas?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id