sign up SIGN UP

Seks Edukasi untuk Anak, Apa Manfaatnya?

Rumaysha Milhania | Senin, 03 May 2021 19:00 WIB
Seks Edukasi untuk Anak, Apa Manfaatnya?
caption

Pendidikan seks sejak dini sangat penting untuk memberikan proteksi pada mereka dari ancaman kekerasan dan kejahatan seksual. Tidak hanya itu, ada banyak kebaikan yang bisa kamu berikan dengan mulai mengajarkan anak pendidikan seks sejak dini. Simak ulasan tentang manfaat education sex untuk anak berikut ini.

Pendidikan seks sejak dini sangat penting untuk memberikan proteksi pada mereka dari ancaman kekerasan dan kejahatan seksual.
Pendidikan Seks untuk Anak/ Sumber: Freepik.com

1. Meningkatkan Body Positivity

Anak yang diajarkan pendidikan seks saat kecil cenderung merasa positif tentang tubuhnya. Dengan berbicara kepada anak-anak kita tentang tubuh mereka secara terbuka dan jujur, kita memberi mereka pesan bahwa tidak ada yang perlu dipermalukan. Mengajarkan pendidikan seks juga berarti memperkenalkan perawatan tubuhnya. Ini juga berarti kamu mengajarkan anak tentang keindahan tubuhnya, seperti apapun bentuknya. 

2. Menguatkan Identitas Gender

Tiap gender memiliki identitasnya masing-masing. Ini pun akan dipengaruhi lagi oleh sifat dan karakter individu dari si anak. Kamu juga dapat menjelaskan pada anak tentang perbedaan jenis kelamin (sex) dan gender.

Jenis kelamin sangat berbeda dengan gender. Jenis kelamin adalah sesuatu yang ditetapkan saat lahir, yaitu laki-laki atau perempuan yang tampak saat lahir. Sedangkan gender adalah sesuatu yang dikerjakan untuk diri kita sendiri dan cukup banyak berdasarkan pada apa yang kita rasakan. Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan pemahaman tentang kesetaraan gender juga dalam pendidikan seks ini.

Tiap gender memiliki identitasnya masing-masing. Ini pun akan dipengaruhi lagi oleh sifat dan karakter individu dari si anak.
Sex Education/ Sumber: Freepik.com

3. Paham dengan Tubuhnya Sendiri

Kasus anak yang hamil di usia dini kerap kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman atas tubuhnya sendiri. Jelaskan dengan rinci apa saja karakteristik dan fungsi dari organ reproduksi yang mereka miliki. Ini akan membuat mereka lebih paham dan sadar dengan tubuhnya sendiri. 

4. Komunikasi yang Baik

Jika kamu bisa membuka pembicaraan tentang seks dan seksualitas pada anak dengan terbuka, kamu akan bisa membangun komunikasi dan keterbukaan dengan anak pada topik-topik lain. Apalagi mengingat bahwa urusan seks dan seksualitas adalah hal yang tabu dan asing jika dibicarakan dalam perbincangan anak dan orangtua. Ini akan membuka hubungan yang lebih baik dan terbuka antara kamu dan anak.

Anak akan lebih mungkin memahami perilaku yang pantas dan tidak pantas. Belajar mengenai seksualitas sejak dini dapat memberikan keamanan tubuh.
Pendidikan Seks untuk Anak/ Sumber: Freepik.com

5. Memahami Batasan

Anak akan lebih mungkin memahami perilaku yang pantas dan tidak pantas. Belajar mengenai seksualitas sejak dini dapat memberikan keamanan tubuh. Ini akan mengajarkan mereka tentang konsep menghargai batasan dengan orang lain. Dengan mengajarkan ini pada anak sejak dini, diharapkan masalah-masalah kekerasan dan pelecehan seksual dapat diminimalisir.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id