sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Anak Ceria Tumbuh di Tengah Orangtua yang Seperti Ini

Ade Irma Suryani | Kamis, 24 Dec 2020 15:15 WIB
Anak Ceria Tumbuh di Tengah Orangtua yang Seperti Ini
caption
Jakarta -

Setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya tumbuh menjadi sosok yang periang dan ceria. Tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang tua untuk menumbuhkan kepribadian yang bahagia dan penuh keceriaan pada anak. Berikut ulasannya di bawah ini.

 

1. Jadilah Orang Tua yang Bahagia

Perlu menjadi orang tua yang bahagia agar anak ceria.
Orang tua Bahagia/freepik.com

Sebelum mengharapkan anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan ceria, tentunya kedua orang tua harus terlebih dahulu bisa menunjukkan kebahagiaan tersebut dalam keluarga. Artinya, ibu dan ayah bisa merasakan bahagia dan berusaha mewujudkan kebahagiaan itu dengan selalu menjaga keharmonisan rumah tangga.   

Orang tua yang bahagia tentu saja akan dapat menularkan kebahagiaan itu pada anak-anaknya. Karena anak-anak akan melihat dan dapat merasakan bentuk emosi positif tersebut.

 

2. Beri Contoh Kebiasaan yang Baik

Beri contoh kebiasaan yang baik.
Beri Contoh yang Baik/freepik.com

Sebagai orang tua yang baik, ibu dan ayah perlu memberikan contoh teladan yang baik kepada anak-anaknya. Seperti halnya selalu membiasakan menjaga perkataan yang baik dan sopan dengan siapa pun, senantiasa berpikir positif, menjaga keteraturan dan kedisiplinan, saling membantu sesama, dan lain sebagainya.

Menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam keluarga akan membuat anak-anak ikut mencontoh hal tersebut, sehingga juga akan membentuk kepribadian anak menjadi lebih positif dan bahagia. 

 

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ajari anak-anak untuk menjalani gaya hidup sehat.
Hidup Sehat/freepik.com 

Tidak ketinggalan juga, orang tua juga perlu menerapkan gaya hidup sehat pada anak-anak. Seperti halnya dalam memberikan mereka makanan yang sehat dan bergizi, rajin olahraga, mengajak bermain di alam bebas, dan sebagainya.

Anak-anak yang terbiasa menjalani gaya hidup sehat akan jauh lebih bahagia dan ceria. Selain itu, hal ini pun juga akan terbawa hingga dewasa. Namun disamping itu, orang tua perlu terlebih dahulu melakukannya, agar anak-anak dapat mudah untuk mengikuti. 

 

4. Luangkan Waktu Bermain Bersama

Meluangkan waktu bermain bersama anak.
Bermain Bersama/freepik.com

Meskipun orang tua mempunyai kesibukan karena pekerjaan di rumah maupun di kantor, usahakanlah untuk meluangkan waktu untuk bermain bersama anak atau menemaninya.

Hal ini sangat penting, agar anak benar-benar bisa merasakan kehadiran orang tua untuknya meskipun di tengah kesibukan, sehingga anak tidak merasa kesepian.

 

5. Ajarkan tentang Kebahagiaan yang Sederhana

Ajarkan anak tentang rasa bahagia yang sederhana.
Kebahagiaan Sederhana/freepik.com 

Sedari kecil, orang tua juga perlu mengajarkan anaknya untuk bisa menemukan kebahagiaan dari hal-hal yang sederhana. Ajarkan anak tentang rasa syukur dan berbahagia terhadap hal-hal kecil di sekelilingnya. Seperti saat menikmati pemandangan alam sekitar, saat merapikan tempat tidur, dan lain-lain.

Ketika anak mampu merasakan kebahagiaan meskipun dari hal-hal kecil sekalipun, maka ia akan mudah untuk tumbuh menjadi pribadi yang positif dan ceria. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id