sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Anak Suka Bicara Kasar, Ini Cara Mudah Mengatasi Tanpa Adanya Kekerasan

Dians Marfuah | Kamis, 22 Jul 2021 07:30 WIB
Anak Suka Bicara Kasar, Ini Cara Mudah Mengatasi Tanpa Adanya Kekerasan
Foto: Anak Suka Bicara Kasar, Ini Cara Mudah Mengatasi Tanpa Adanya Kekerasan/Freepik.com

Anak suka berbicara kasar tentu membuat orangtua dimana pun itu akan merasa kaget, sedih, dan nggak jarang langsung marah kepada anak. Padahal biasanya nih, si anak  belum mengerti betul arti dari kata kasar yang dia ucapkan.

Dia hanya meniru apa yang dia dengar atau bisa jadi karena kata-kata kasar tersebut kedengaran lucu baginya. Jikalau pun anaknya sudah mengerti, umumnya anak berbicara kasar untuk mengekspresikan kekesalannya sekaligus mendapatkan perhatian dari sekitarnya.

Nah agar tak jadi kebiasaan, berikut tips parenting cara mengatasi anak suka berbicara kasar. Check this out yuk, Beauties!

Jangan Langsung Marah

Ilustrasi marah ke anak/Pexels.com/Karolina Grabowska
Jangan Langsung Marah/Pexels.com/Karolina Grabowska

Saat anak berbicara kasar kebanyakan respon pertama orang tua adalah langsung memarahi si kecil. Padahal nih ya, marah bukan solusi supaya si anak nggak berbicara kasar lagi lho!

Marah dan bereaksi berlebihan justru bisa membuat si anak mengulangi hal tersebut. Hal ini terjadi karena si anak merasa berhasil mendapatkan perhatian dari tingkah tidak sopannya. Jadi dia akan melakukannya lagi untuk menarik perhatian orang tuanya. Untuk itu tahan emosi dan berikan pemahaman secara perlahan kepada anak.

Jelaskan dengan Sederhana

agar si anak tak mengulanginya, orang tua dapat memberikan penjelasan dengan menggunakan bahasa yang sederhana/Pexels.com/Yan Krukov
Jelaskan dengan Sederhana/Pexels.com/Yan Krukov

Anak kecil yang suka berbicara kasar umumnya sebenarnya belum paham apa makna ungkapan kotor tersebut. Nah agar si anak tak mengulanginya, orang tua dapat memberikan penjelasan dengan sabar tidak sambil marah-marah dan menggunakan bahasa yang sederhana.

Kalimat sederhana yang bisa dilontarkan seperti “Nak, itu bukan ucapan anak yang hebat loh, nak itu bukan ucapan anak baik loh”. Dengan penggunaan kalimat sederhana akan membuatnya lebih mudah paham, dibanding dengan kalimat rumit yang memang belum tentu diusianya sudah paham akan maksud kalimat tersebut.

Tidak Menegur di Tempat Umum

Hindari menegur anak ketika berbicara kasar di hadapan teman-temannya/Pexels.com/Lukas
Hindari menegur anak di depan umum/Pexels.com/Lukas

Menegur orang di hadapan orang banyak memang bisa bikin orang tersebut malu. Rasa malu tersebut juga bisa dirasakan anak kecil jika kamu memarahinya di tempat umum.

Maka dari itu, cara tepat untuk menegur anak adalah dengan meluangkan waktu berdua dan mengajak bicaranya empat mata. Hal ini akan lebih efektif dilakukan dibanding dengan langsung menegurnya di depan umum. 

Hindari Berbicara Kasar

Orang tua harus menghindari berbicara kasar apalagi hingga mencaci saat marah di depan anak/Pexels.com/ Artem Podrez
Orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak/Pexels.com/ Artem Podrez

Seperti yang kita ketahui anak kecil  sangat mudah untuk meniru orang, apalagi meniru orang-orang terdekatnya seperti ayah ibunya. Cara mengasuh anak agar tak berbicara kasar yaitu sebagai orang tua harus menghindari berbicara kasar apalagi hingga mencaci saat marah di depan anak.

Berikan contoh yang baik, perkataan yang sopan agar sang anak juga meniru hal-hal baik, bukan malah berkata kasar. Kalaupun pernah tak sengaja berbicara kasar, cepatlah minta maaf pada anak. Berikan pemahaman hal tersebut tidak bagus untuk ditiru dan berjanjilah untuk tidak mengulangi lagi.

Beri Hukuman

Memberi hukuman kepada anak bisa jadi opsi  yang lain untuk menghentikan kebiasaan anak berbicara kasar/Pexels.com/August de Richelieu
Ilustrasi orang tua dan anak/Pexels.com/August de Richelieu

Memberi hukuman kepada anak bisa jadi opsi yang lain untuk menghentikan kebiasaan anak berbicara kasar. Kedengarannya memang sedikit tega, tapi hal ini dilakukan demi kebaikan si anak sendiri. Hukuman yang bisa diberikan seperti mengurungnya di kamar sampai dia berjanji tidak akan berkata kasar lagi. Atau bisa juga memberi hukuman berupa membatasi waktu mainnya.

Beauties itu dia cara mengasuh anak yang suka berbicara kasar. Tips ajarkan anak sopan santun dan bertutur kata lembut ini tentu sangat baik untuk tumbuh kembang anak di masa depan. Ingat, jangan selalu langsung dimarahi ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id