sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Etika Bermain Media Sosial yang Harus Diajarkan Pada Anak

Rumaysha Milhania | Selasa, 13 Apr 2021 22:00 WIB
Etika Bermain Media Sosial yang Harus Diajarkan Pada Anak
caption

Tumbuh besar di era digital membuat anak-anak cepat atau lambat menjadi pengguna media sosial. Sebelum itu, sangat penting jika orangtua mempersiapkan anak untuk bisa lebih dewasa dan bijak dalam menggunakan media sosial itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diajarkan pada anak sebelum mengakses media sosial.

Tumbuh besar di era digital membuat anak-anak cepat atau lambat menjadi pengguna media sosial.
Etika Media sosial/ Sumber: Freepik.com

1. Buat batasan tentang apa yang boleh diunggah dan tidak boleh diunggah

Sangat penting bagi anak untuk paham tentang batasan antara kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. Media sosial adalah media untuk membangun kehidupan sosial dengan komunitas yang sangat besar. Itu berarti para penggunanya harus bisa lebih cerdas dalam memberikan batasan antara apa yang baik untuk diunggah dan apa yang seharusnya dijaga untuk konsumsi privat.

Ini juga termasuk menjelaskan pada anak apa saja risiko-risiko yang mungkin terjadi saat ia terlalu banyak mengunggah data pribadi di media sosial.

2. Tekankan keterampilan sosial yang positif

Banyak sekali kasus-kasus cyber bullying yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku dan korban. Sebagai orangtua, kamu berperan besar dalam mencegah hal-hal ini terjadi. Tekankan bahwa media sosial harus menjadi tempat untuk berkehidupan sosial yang positif. Bukan untuk membangun kebencian dan menyebar kabar-kabar negatif. 

Tekankan bahwa media sosial harus menjadi tempat untuk berkehidupan sosial yang positif. Bukan untuk membangun kebencian dan menyebar kabar-kabar negatif.
Anak-anak bermain media sosial/ Sumber: Freepik.com

3. Menjadi viral adalah kotak Pandora

Memposting sesuatu yang "menjadi viral" bukan sebuah pencapaian. Pasalnya, menjadi viral berarti memaparkan diri pada publik yang membuka peluang risiko-risiko serius lainnya. Ada konsekuensi jangka panjang yang harus kamu pikirkan tentang apa yang akan kamu dan orang lain lihat di masa depan. Ingatlah bahwa apa yang kamu unggah di media sosial akan selamanya berada di sana. 

4. Batasi penggunaan media sosial

Sangat penting untuk memberikan media sosial di saat yang tepat. "Saat yang tepat" ini sebenarnya sangat relatif bagi setiap anak. Namun, yang pasti sangat dibutuhkan kedewasaan pada anak untuk bisa mengakses media ini. Mereka harus benar-benar tahu batasan dari penggunaan media sosial ini. Batasan ini mencakup durasi waktu yang akan mereka habiskan untuk menggunakannya hingga batasan saat berinteraksi dengan orang baru di sana.

Sangat penting untuk memberikan media sosial di saat yang tepat. Saat yang tepat ini sangat relatif bagi setiap anak.
Memberikan anak gadget/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa etika dasar yang harus kamu ajarkan pada anak saat mereka mulai mengakses dunia digital. Membangun keterbukaan antara anak dan orangtua sejak awal serta mengajarkan anak batasan menjadi salah satu hal esensial yang harus kamu perhatikan sebelum mengizinkan anak bergabung menjadi warganet di media sosial.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id