sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenalkan Anak 4 Aplikasi Bimbel Online Ini, Belajar Jadi Lebih Asyik dan Menyenangkan

Rani Mutiara | Kamis, 22 Jul 2021 09:00 WIB
Kenalkan Anak 4 Aplikasi Bimbel Online Ini, Belajar Jadi Lebih Asyik dan Menyenangkan
Foto: Kenalkan Anak 4 Aplikasi Bimbel Online Ini, Belajar Lebih Asyik/Freepik.com

Nggak terasa ya, sudah setahun lebih sekolah dari rumah dilaksanakan. Tentu banyak anak-anak sekolah yang sebenarnya mulai suntuk dan merasa bosan, bahkan tidak sedikit juga yang mengaku bahwa belajar di rumah membuat mereka susah fokus dan memahami materi dari guru.

Sebagai orangtua, kita perlu memberikan pembelajaran terbaik kepada anak. Nah, mengatasi rasa bosan akibat sekolah online yang dirasakan anak, coba kenalkan anak dengan 4 aplikasi belajar super interaktif ini. Dijamin belajar jadi lebih menyenangkan lho!

1. Ruang Guru

Halaman Aplikasi Ruang Guru
Tampilan Aplikasi Ruang Guru

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Ruang Guru yang sudah sering muncul iklannya di TV. Ruang Guru merupakan aplikasi bimbingan pelajaran online yang didirikan oleh Belva Devara sejak tahun 2014.

Menggunakan guru-guru berpengalaman dan visualisasi video yang menarik, Ruang Guru berhasil menjadi aplikasi bimbel online nomor 1 di Indonesia. Materi yang diberikan juga lengkap mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, bahkan ada juga bimbingan khusus untuk pelatihan guru.

Aplikasi bimbel online ini juga menyediakan berbagai jenis paket langganan yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan belajar. Salah satu fitur yang menarik dari Ruang Guru yaitu Roboguru yang bisa membantumu dalam mengerjakan soal-soal dari berbagai mata pelajaran.

2. Zenius

Tampilan Aplikasi Zenius
Tampilan Aplikasi Zenius

Bisa dikatakan bahwa Zenius merupakan pelopor startup teknologi pendidikan di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 2007. Awalnya, Zenius hanyalah berupa website yang berisikan video-video pembelajaran pelajaran eksata yang didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta dan juga dijual belikan dalam bentuk CD dan DVD.

Karena banyaknya peminat video materi dari aplikasi ini, akhirnya pada tahun 2019, mereka mulai meluncurkan Zenius App supaya lebih lengkap dan praktis. Untuk materinya sendiri, Zenius menyediakan materi dari tingkat SD hingga tingkat SMA, tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan materi khusus untukmu yang sedang mempersiapkan diri untuk UTBK.

Dulunya video di Zenius hanyalah berupa layar hitam yang dicoret-coret, namun sekarang sudah memiliki tampilan animasi video yang lebih bagus. Bahkan fitur dalam aplikasinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target kamu. Selain itu, ada juga fitur Zenbot yang bisa membantumu dalam menyelesaikan soal matematika.

3. Quipper

Tampilan Aplikasi Quipper
Tampilan Aplikasi Quipper

Sama halnya dengan Zenius dan Ruang Guru, Quipper juga memiliki banyak peminat. Namun ternyata Quipper bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan didirikan di London, Inggris oleh Fumihiro Yamaguchi pada tahun 2010.

Untuk kamu yang menyukai suasana belajar seperti di kelas, maka Quipper adalah pilihan yang tepat karena video Quipper kebanyakan menampilkan seorang guru yang sedang menjelaskan materi dengan menggunakan papan tulis.

Quipper juga dikenal dengan rumus Supper-nya yang biasanya merupakan cara singkat untuk mengingat suatu pembahasan materi. Untuk tampilan aplikasinya sendiri bisa dikatakan lebih sederhana daripada aplikasi lainnya. Beberapa materi yang disediakan yaitu materi SMP dan SMA, UN SMP dan juga UTBK. Quipper juga menyediakan uji potensi diri.

4. Pahamify

Tampilan Aplikasi Pahamify
Tampilan Aplikasi Pahamify

Dibandingkan dengan 3 aplikasi di atas, Pahamify bisa dikatakan masih sangat baru yang didirikan pada tahun 2019 oleh Ikhsan, Edria dan Fikri. Pahamify sendiri didirikan karena adanya dorongan yang kuat dari penonton channel YouTube Hujan Tanda Tanya. Sama seperti aplikasi lainnya, Pahamify juga memiliki puluhan ribu video beranimasi, namun sekarang ini masih tersedia untuk tingkat SMA saja.

Kemudian, Pahamify juga memiliki kuis dan ringkasan materi. Salah satu kelebihannya yaitu, mereka menggunakan metode pembelajaran yang menggabungkan sains belajar, filmmaking, gamifikasi dan tampilan intuitif. Pahamify juga menyediakan fitur Live Class, Tanya Mimpi (untuk membantu mengerjakan soal matematika, fisika, kimia), info kuliah, tes minat bakat dan juga konseling.

Itulah rekomendasi 4 aplikasi belajar online yang bisa menemani anak school from home. Selain waktu belajarnya lebih fleksibel, pengguna juga bisa mendapatkan semua video materi dalam sekali berlangganan. Sehingga tidak perlu menunggu minggu depan untuk mempelajari materi baru seperti halnya di sekolah. Sangat praktis dan menarik bukan?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id