sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Anak untuk Bekal Masa Depannya

Raudiya Nurfadilah H | Kamis, 22 Jul 2021 19:15 WIB
5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Anak untuk Bekal Masa Depannya
Kebiasaan baik yang harus diajarkan orang tua pada anak sejak dini/ Foto: Freepik/ Pressfoto

Anak sering disebut sebagai peniru yang baik, apapun yang dilakukan oleh orang tuanya baik yang disengaja maupun tidak, sang anak selalu tiru dan terkadang membuat orang tua terkejut. Dalam hal ini, orang tua memiliki pengaruh besar bagi kehidupan sang anak di masa depan, sehingga orang tua harus berhati-hati dalam bertindak dan mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sejak dini.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, berikut ini ada beberapa kebiasaan baik yang perlu diajarkan orang tua pada anak sejak dini, agar di masa yang akan datang, sang anak bisa memiliki perilaku dan kebiasaan yang baik.

Membereskan Barang

Hal yang paling dasar mengajarkan kebiasaan baik pada anak sejak dini yakni dengan membereskan barang
Mengajarkan kebiasaan baik dengan membereskan barang/ Foto: Freepik/ Prostooleh

Hal yang paling dasar mengajarkan kebiasaan baik pada anak sejak dini yakni dengan membereskan barang, contohnya ketika si kecil sedang bermain dengan mainannya, kemudian setelah selesai bermain, ia harus membereskan kembali seperti semula.

Dikutip dari Parenting Firstcry, ketika anak merasa terbiasa melihat hal-hal yang teratur maka mereka selalu ingin seperti itu juga, dan mereka pun belajar serta berusaha untuk mengatur barang-barang milik sendiri. Kebiasaan yang dilakukan sejak kecil ini akan dibawa hingga dewasa.

Tidak Mem-bully Orang Lain

orang tua perlu mengawasi dan membimbing anak-anak dengan cermat dalam berinteraksi dan berperilaku terhadap orang lain
Tidak mengolok orang lain/ foto: Freepik/ Nensuria

Kita semua tahu bahwa mengolok atau mem-bully orang lain adalah hal yang buruk, oleh karena itu, orang tua perlu mengawasi dan membimbing anak-anak dengan cermat dalam berinteraksi dan berperilaku terhadap orang lain. Sebagai orang tua, kita perlu mengajarkan kepada anak bahwa mem-bully dengan tujuan bersenang-senang justru bisa menyakiti orang-lain dan hal tersebut merupakan perbuatan yang buruk.

Jujur

Kejujuran merupakan hal yang penting untuk diajarkan pada anak sedini mungkin, karena jika kebohongan sudah dilakukan sejak kecil maka bisa terbawa hingga ia dewasa
Ajarkan jujur kepada anak/ Foto: Freepik/ Freepik

Kejujuran merupakan hal yang penting untuk diajarkan pada anak sedini mungkin, karena jika kebohongan sudah dilakukan sejak kecil maka bisa terbawa hingga ia dewasa. Tetapi perlu diingat, sebelum mengajarkan kepada anak, cobalah sebagai orang tua untuk lebih dulu selalu berkata jujur kepada anak. Karena orang tua merupakan panutan bagi anak, jadi setiap tindakan maupun kata-kata yang orang tua lakukan akan berdampak pula pada mereka.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id