sign up SIGN UP

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Permainan Ini Bisa Bantu Asah Kecerdasan Anak Lho

Shinta Nikmah | Jumat, 15 Oct 2021 18:00 WIB
Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Permainan Ini Bisa Bantu Asah Kecerdasan Anak Lho
Permainan untuk anak/ Foto: freepik.com

Anak-anak memang identik dengan mainan yang mungkin memenuhi rumah. Permainan pun juga sering dilakukan anak bersama dengan temannya sehingga selain berserakan, kamu mungkin juga harus bersabar karena keriuhan yang terjadi di dalam atau di luar rumah. 

Namun jangan buru-buru memarahi anak karena terlalu banyak bermain ya Beauties, sebab permainan menjadi salah satu tahap perkembangan anak untuk mengenali dunia.

Nahagar permainan bisa sekaligus mengasah kecerdasan anak, kamu bisa memilih berbagai jenis mainan berikut ini.

Puzzle

Bermain puzzle
Bermain puzzle/ Foto: freepik.com

Meski terlihat sebagai mainan yang umum dimainkan oleh anak-anak, puzzle termasuk jenis mainan yang bisa mengasah kecerdasan. Bahkan melansir dari Goodnet.org, mainan puzzle sangat baik untuk otak, di antaranya dapat melatih kemampuan otak kanan dan otak kiri, memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan problem solving, dan masih banyak manfaat lainnya.

Tidak heran jika mainan berbentuk puzzle sering direkomendasikan sebagai salah satu jenis mainan untuk membuat anak lebih cerdas.

Menyusun Balok (Block Brick)

Menyusun balok
Menyusun balok/ Foto: freepik.com

Permainan menyusun balok menjadi salah satu jenis mainan yang direkomendasikan bagi anak kecil untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Mainan menyusun balok biasanya disarankan untuk anak di atas 2 tahun agar lebih aman.

Meski terlihat sederhana, ternyata menyusun balok bisa mengasah kecerdasan anak dan bermanfaat untuk melatih motorik halusnya. Anak bisa menyusun balok sesuai imajinasi sehingga selain melatih kesabaran, anak juga tidak mudah bosan mengutak atik balok menjadi berbagai bentuk.

Permainan Papan (Board Games)

Bermain catur
Bermain catur/ Foto: freepik.com

Permainan yang menggunakan papan seperti monopoli atau ular tangga juga bisa membantu mengasah kecerdasan anak, lho Beauties. Melansir Happier Human, permainan papan selain membantu menghindarkan anak dari kebiasaan menggunakan gadget, permainan tersebut juga bisa membantu membangun koneksi yang baik dengan teman atau keluarga.

Tidak hanya itu, bermain board games juga bisa mengajarkan anak untuk bisa mengingat, berkomunikasi, melatih kesabaran, dan banyak manfaat lainnya.

Kerajinan Tangan

Bermain kertas
Bermain kertas/ Foto: freepik.com

Jenis mainan lain yang bisa melatih kecerdasan serta melatih motorik halus anak adalah mainan edukatif berupa kerajinan tangan. Ada banyak jenis mainan kerajinan tangan seperti membuat bentuk menggunakan plastisin, melipat kertas menjadi berbagai bentuk, bahkan kamu bisa membuat sendiri mainan tersebut menggunakan bahan bekas.

Selain bermanfaat untuk melatih kreativitas, permainan kerajinan tangan lebih murah dan mudah untuk dibuat. Dengan demikian anak tidak bosan dan bisa mengkreasikan berbagai jenis permainan.

Bermain Peran

Bermain peran
Bermain peran/ Foto: freepik.com

Anak-anak biasanya sangat suka bermain peran sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan atau yang mereka imajinasikan. Beberapa dari mereka suka berperan menjadi superhero idola, atau berperan sesuai profesi yang mereka inginkan di masa depan. 

Bahkan ada juga yang memainkan peran sebagai tokoh kesayangan di dalam buku dongeng yang sering dibacakan tiap malam. Hal tersebut tentu hal yang baik sebab bermain peran bisa melatih kreativitas anak.

Kamu bisa membekalinya dengan berbagai peralatan yang mendukung permainan mereka dalam bermain peran. Dengan demikian anak lebih bisa berkreasi dalam memainkan peran sesuai keinginannya.

Nahsekarang kamu tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan jenis mainan yang sesuai untuk melatih kecerdasan anak bukan? Namun jangan lupa untuk menyesuaikan mainan dengan usia anak ya, Beauties.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id