sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenali Baby Blues yang Sering Dialami Ibu Muda

Izzul Millati Umami | Rabu, 07 Jul 2021 20:00 WIB
Kenali Baby Blues yang Sering Dialami Ibu Muda
caption

Beauties, baby blues bisa dialami oleh para ibunda yang sedang melahirkan. Kondisi Baby Blues merupakan salah satu problem yang sering dialami para calon bunda, loh. Meski Beauties saat ini belum merasakan rasanya mengandung, namun tak mengapa untuk mempelajari perihal Baby Blues ini sejak sekarang. Kenali baby blues dengan membaca faktanya berikut ini, ya. 

1. Bentuk Adaptasi Terhadap Perubahan Hidup

kenali baby blues
kenali baby blues/sumber:pexels.com/shvetsa

Banyak yang menyalah artikan kalau baby blues merupakan bentuk depresi. Padahal nih, baby blues tidak sama dengan depresi, loh. Gejala baby blues merupakan salah satu proses adaptasi perubahan dalam hidup, loh. Bila biasanya Beauties mengurus diri sendiri, maka di fase yang baru, ada bayi mungil yang harus diurus. 

2. Berlangsung Dalam Waktu yang Lama

baby blues lam
baby blues lama/Foto:pexels.com/kpaukshtite

Beauties, gejala baby blues biasanya berlangsung dalam waktu yang lama, yaitu kurang lebih selama 2 minggu. Namun, kamu nggak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, baby blues ini akan hilang dengan sendirinya. Namun, bagi papa muda, sebaiknya mendukung kondisi sang mama baru supaya emosi dan mentalnya terjaga.

 

3. Baby Blues Dipengaruhi Oleh Hormon

Penyebab baby blues biasanya dipengaruhi oleh faktor hormonal. Naik turunnya suasana hati sejak masa hamil sampai melahirkan memang lumayan cepat. Kadar hormon setelah melahirkan bayi bisa membuat sensitivitas beauties diuji. Pada momen seperti ini, kerjasama antar beauties dan pasangan memang sangat diperlukan. 

4. Faktor Lingkungan Sangat Mempengaruhi Baby Blues

baby blues berlangsung lama
baby blues berlangsung lama/Foto:pexels.com/polina-tankilevitch

Nyatanya, faktor lingkungan memang sangat berpengaruh pada kondisi si ibu baru. Beauties sebaiknya tidak stress dan perbanyak meditasi untuk menetralisir keadaan. Hindari pula mendengarkan perkataan yang tidak mengenakkan hati, ya. Kalau perlu, cobalah perbanyak informasi mengenai baby blues supaya tidak terlalu shock. 

5. Sebagian Besar Ibu Melahirkan Mengalaminya

Baby blues merupakan kondisi normal yang dialami semua perempuan setelah melahirkan. Buat papa baru, alangkah baiknya memahami kondisi ini dan tidak menghakimi keadaan. So, dukungan dari lingkungan sosial sangat diperlukan buat ibu bayi. Sebisa mungkin hindari berfikir yang berlebihan, jaga kondisi supaya tetap tenang.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id